Yayasan Perguruan Pelita Gelar Peringatan Hardiknas

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Segenap keluarga besar SD-SMP Swasta Pelita Jalan Pasar 3B Kelurahan Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli Kota Medan menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman sekolah, Kamis (2/5/2024).

IMG-20240227-124711

Pada kesempatan ini para guru dan staff menggunakan seragam baby blue dengan slogan “Merdeka Belajar”.

Merdeka Belajar adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim.

Sedikit sejarah dijadikannya tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas yaitu karena bertepatan dengan kelahiran tokoh pendidikan Indonesia, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal Ki Hajar Dewantara.

BACA JUGA  Pakai Bus, Polsek Medan Baru Antar Jemput Peserta Vaksinasi

Dikutip dari laman Kemendikbud, Ki Hadjar Dewantara lahir pada 2 Mei 1889 dan merupakan keluarga bangsawan Pakualaman.

Hardiknas merupakan hari bersejarah nasional yang diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya. Peringatan Hardiknas merupakan momen istimewa bagi insan pendidikan untuk mengapresiasi jasa para pejuang pendidikan serta meningkatkan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1950. Pada 26 April 1959, Ki Hadjar Dewantara wafat.

Atas semua jasa dan perjuangannya dalam bidang pendidikan, Ki Hadjar Dewantara dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia seperti yang tertulis pada Keputusan Presiden RI Nomor 305 Tahun 1959.

BACA JUGA  Jajaran OPD Pemko Medan Ikuti Sosialisasi Program One Agency One Innovation

Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1961 tentang Perubahan Hari Pendidikan Nasional, tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara yaitu 2 Mei kemudian ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Maka dari itu para guru dan siswa SD-SMP Swasta Pelita sangat antusias memperingati upacara pagi hari ini.

Rajiman, selaku PKS 3 (Bidang Kesiswaan) SMP Swasta Pelita yang bertindak sebagai pembina upacara mewakili Ketua Yayasan Perguruan Pelita menyampaikan, anak-anak Indonesia saat ini berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar dikelas.

BACA JUGA  Wabup Deli Serdang Tinjau Persiapan PTMT di Kutalimbaru

“Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya, kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus, dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” katanya.

Dikatakannya selaku pelaksana pendidikan di tingkat sekolah mendukung penuh program Merdeka Belajar. “Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tambahnya.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000