Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

PMI Kabupaten Belu Gelar Muskab

IMG-20240409-WA0076

Belu, TRIBRATA TV

“PMI mesti hadir dan turut membangun solidaritas bersama dengan semua komponen masyarakat baik dalam keadaan normal maupun saat krisis dan bencana”.

IMG-20240227-124711

Hal ini dsampaikan Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi NTT, Alfridus Bria Seran saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Belu di Gedung wanita Betelalenok Atambua, Sabtu (08/07/2023)

“PMI sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang kemanusiaan diarahkan dan dituntut oleh 7 prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan, ” ungkapnya

Prinsip kerja utama PMI adalah gaudere cum gaudentibus , flere cum flentibus (bergembiralah dengan orang bergembira dan menangislah dengan orang menangis). PMI mesti hadir dan turut membangun solidaritas bersama dengan semua komponen masyarakat baik dalam keadaan normal maupun saat krisis dan bencana.

“Sebagai pengurus PMI Provinsi NTT, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Belu masa bakti 2018-2023 yang telah mewujudkan cita – cita besar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional,” katanya.

Ia berharap agar PMI Kabupaten Belu melakukan kerja sama dengan Pemda, TNI, POLRI, Rumah Sakit dan lembaga terkait untuk melakukan donor darah rutin / berkala dan mengatur mekanisme pelayanan UDD yang baik.

Disampaikannya juga bahwa sudah ada kerja sama antara PMI dan CVTL (Palang Merah Timor Leste) dan sudah menandatangani MoU bersama untuk menjalankan program-program strategis.

“Antara PMI dan CVTL sudah membangun kerja sama untuk pemberdayaan masyarakat, peningkatan kapasitas organisasi dan penguatan hubungan dan koordinasi dengan pemerintah melalui penandatangan Kesepakatan Bersama antara PMI dan CVTL melalui program Cross Border (Lintas Batas) dari tahun 2020-2025. Tentunya, akan ada banyak program – program strategis yang akan hadir di Belu baik dukungan PMI Pusat , IFRC, ICRC, ataupun lembaga Nasional dan Internasional lainnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Sekertaris Daerah Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin menyampaikan Pemerintah Kabupaten Belu selalu mendukung PMI.

“Pemerintah memberikan apresiasi dan terimakasih setinggi-tingginya kepada PMI Kabupaten Belu, melalui kepengurusan periode 2018-2023 yang selama ini sudah mengambil bagian menjadi mitra Pemerintah kabupaten Belu dalam pelayanan bagi kemasyarakatan,” katanya.

Muskab PMI yang bertemakan “Terwujudnya PMI yang profesional dan berintegritas serta bergerak bersama masyarakat” ini dihadiri oleh para Pengurus Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa. (Hengki)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *