IMG-20240501-WA0019

Erupsi Masih Tinggi, Ketua PMI Sitaro Eva Sasingen Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang terletak di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), belum menunjukkan tanda-tanda mereda sejak tadi pagi. 

IMG-20240227-124711

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, yang saat ini masih berstatus Level IV (Awas).

“Ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat dengan material erupsi berupa abu disertai lontaran batuan pijar yang mencapai jarak sekitar 5 km di pulau Tagulandang, “demikian keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di situs Magma Kementerian ESDM, Sabtu (20/4/2024).

Dalam kesempatan itu Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Evangelian Sasingen, mengingatkan agar warga untuk tetap memperhatikan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait status gunung yang masih berada pada Level Awas. Larangan tetap diberlakukan bagi warga di sekitar gunung, pendaki, dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat membahayakan keselamatan.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut, “tuturnya.

Bupati Kepulauan Sitaro periode 2018-2023 ini menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Sasingen berharap, masyarakat dapat selalu siaga, tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu terkait erupsi Gunung Api ini.

“Sekarang kita fokus saja pada hal yg lebih penting, saat ini masih ada hal urgent yang menjadi fokus bersama masyarakat Sitaro, yakni bagaimana kita menunjukan rasa empati dengan saudara-saudara kita di Tagulandang yang sedang menghadapi pergumulan terkait erupsi Gunung Api Ruang. Mari sejenak kita doakan saudara-saudara kita yang sementara bergumul menghadapi bencana, Gunung Api Ruang di Tagulandang. Kiranya selalu diberikan keselamatan dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, “tambahnya.

Diketahui, PMI Kabupaten Kepulauan Sitaro bersama BPBD, TNI/Polri dan lainnya sudah melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman dengan menggunakan Kapal Ferry KMP Lohoraung pada Rabu, (17/4/2024).

Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) pun telah menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari terhitung mulai tanggal 16 – 29 April 2024.

IMG-20240310-WA0073