Politeknik Tanjungbalai Jamin Tamatannya Langsung Kerja

IMG-20240409-WA0076

Tanjungbalai, TRIBRATA TV

Politeknik Tanjungbalai (Poltan) kembali membuka kesempatan bagi putra dan putri lokal maupun dari luar daerah untuk melanjutkan pendidikan.

IMG-20240227-124711

Kesempatan itu dibuka melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran (TA) 2022 hingga 2023. Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Tanjungbalai keberadaan Poltan berbeda dengan perguruan lainnya.

Hal itu terlihat dengan lokasi kampusnya yang jauh dari suara kebisingan hilir mudik berbagai jenis kendaraan. PTS ini tercatat merupakan milik Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai.

Poltan ternyata didesain sebagai perguruan yang ramah lingkungan dan lokasinya pun berdampingan dengan lahan pertanian penduduk.

Perguruan tinggi ini juga menjamin ketersedian lapangan pekerjaan bagi peserta didik setamat kuliah.

“Tahun ajaran 2022/2023 ini, kita telah memberikan kesempatan bagi putra dan putri Kota Tanjungbalai maupun dari luar daerah untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa/i baru di perguruan ini, “ kata Direktur Poltan, Budi Darma belum lama ini.

Menurutnya Poltan sudah beroperasi sejak tahun 2008 lalu. “Pertama kali beroperasi ruangannya masih di kantor Dispora di depan Polres Tanjungbalai. Kemudian tahun 2010 pindah ke gedung di Bondang Keluarahan Sei Raja,Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai,“ katanya.

Menurutnya, di perguruan ini menyiapkan 3 program studi dengan gelar D3. “Pertama, teknik mesin, kedua, teknik pendingin dan tata udara yang ketiga, teknologi pengolahan hasil perikanan (TPHP), ” imbuhnya.

Namun pada tahun ajaran ini, Poltan membuka program studi baru yaitu program teknologi rekayasa komputer.

“Setamatnya di program studi baru ini dengan masa kuliah selama 4 tahun, nantinya para mahasiswa dan mahasiswa Poltan ini mendapatkan gelar akademik sarjana terapan yang setara dengan S1 yaitu gelar S,TR.T. “ ujarnya.

Perguruan ini juga menyediakan empat beasiswa yakni “ beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan (BBP), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Bidik Misi, dan Beasiswa Institusi Politeknik Tanjungbalai.

Selain itu, kata Budi lagi, Poltan ini juga memberi kesempatan untuk kuliah gratis dengan catatan memiliki prestasi dalam bidang akademik yaitu seni, budaya dan olah raga.

“Sedangkan bagi para calon pendaftar baru yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu dapat membawa surat keterangan dari lurah maupun kepala desa tempat tinggalnya masing- masing,“ terangnya.

Untuk biaya kuliah setahun disebutkan Budi Dharma, Poltan menerapkan biayanya sebesar Rp4 juta. (eko)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *