Pemkab Humbahas Apresiasi Tanam Bawang Merah dengan Metode TTM

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Makden Sihombing, mewakili Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor meninjau penanaman Bawang Merah dengan metode Taiwan Technical Mission (TTM), Rabu (17/5/2023).

IMG-20240227-124711

Makden Sihombing menyampaikan sangat bangga dengan hasil yang dicapai TTM dalam kurun waktu 3 bulan bekerja di Food Estate. Hal ini membuktikan jika keseriusan dalam bertani maka hasilnya akan sangat membanggakan.

TTM membuktikan Bawang Merah bisa tumbuh baik di areal pengembangan Food Estate pada acara penanaman Bawang Merah pertama untuk areal 5 hektar di percontohan Poktan Sinar Jaya, sebelumnya bawang merah ini sudah ditanam di areal percontohan.

BACA JUGA  Tiba di Bandara Kualanamu, Irjen Pol Panca Putra Disambut Forkopimda Sumut

Pemerintah Humbahas dan masyarakat menyediakan lahan untuk TTM untuk membuat percontohan di Food Estate. Areal percontohan terbukti bawang merah bisa tumbuh baik di areal pengembangan Food Estate dengan pola pertanaman sesuai Standar Operasional Prosedure (SOP) yang diterapkan oleh TMM.

Pada kesempatan itu, Specialist Horticulture Development Project Mr. Chiu, Chien-Hsiang (Joe) sebagai pelaksana pada pertanaman bawang ini memaparkan bawang merah yang dilihat sekarang ini bisa tumbuh baik dengan mengikuti SOP yang diterapkan TTM.

BACA JUGA  Antisipasi Corona, Pemkab Samosir Pulangkan Warga Kisaran dan Siantar

Pengolahan lahan untuk bukaan baru mengukur kemiringan tanah dan mencoba ratakan untuk mempertahankan air siraman merata dan tidak selalu mengalir ke lahan yang rendah. PH tanah diukur dengan alat sensoring dan karena lahannya masih baru di olah bolak balik, sampai lahannya bagus dan gembur, mengolah bolak balik sampai empat kali dan yang besar-besar dihancurkan sampai gembur.

“Kita menambahkan pupuk kompos untuk 1 hektar 40 ton kompos, sehingga ph yang kita harapkan bisa baik dan tanahnya bisa bagus karena tidak lengket (tanah liat). Kita juga menambahkan 700 kg NPK untuk nutrisi,” kata Mr. Chiu, Chien-Hsiang.

BACA JUGA  Peduli HKBP, Sukur Nababan Berikan Solusi Sentralisasi Keuangan

Setelah lebih kurang tiga bulan TTM bekerja di lahan Food Estate untuk membuat percontohan, sambung Mr. Chiu, Chien-Hsiang hasil yang dilihat saat ini adalah merupakan kerja sama dan kerja keras semua.

“Oleh karena itu, kami berharap agar apa yang dilaksanakan oleh pihak TTM bisa dicontoh oleh petani kita di areal Food Estate dan lebih luas para petani di Humbang Hasundutan,” paparnya. (tbh mora)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *