Sat Reskrim Polres Tapsel Cek Pasar Hewan di Paluta

IMG-20240409-WA0076

Paluta, TRIBRATA TV

Jajaran personel Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), mengecek ke Pasar Hewan Aek Godang, Desa Aek Nauli, Kecamatan Hulu Sihapas, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, Minggu (15/5/2022) pagi.

IMG-20240227-124711

Dalam pengecekan yang menindaklanjuti instruksi Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, itu juga turut melibatkan personel Polsek Padang Bolak dan instansi terkait dari Pemkab Paluta.

“Hal ini mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak,” jelas Kapolres.

BACA JUGA  Polsek Medan Area Imbau Warga Patuhi Prokes

Kapolres menerangkan, di Pasar Hewan Aek Godang, terdapat 100 ekor sapi, 10 ekor kerbau, dan 20 ekor kambing yang diperjualbelikan oleh pedagang lokal. Tidak ada pedagang luar daerah yang masuk ke Pasar Hewan Aek Godang.

“Berdasarkan pantauan di lapangan, semua hewan ternak dalam keadaan sehat dan terbebas dari wabah PMK,” imbuhnya.

Selain melakukan pengecekan, sambung Kapolres, personel juga lakukan sosialisasi dan membagikan selebaran pencegahan PMK kepada para pedagang ternak, supaya wabah tersebut jangan sampai menyebar di Kabupaten Paluta. Spanduk dan brosur pencegahan PMK juga telah dipasang di tempat-tempat strategis.

BACA JUGA  PBB Sumatera Utara Berbagi Masker

“Sebagian brosur juga dibagikan ke para pengusaha/pedagang ternak maupun peternaknya,” kata Kapolres.

Saat ini, sebut Kapolres, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Paluta tengah berencana dan mengupayakan vaksinasi dari Provinsi Sumut terhadap hewan ternak guna mengantisipasi PMK. Ke depan, juga akan diberlakukan pengecekan terhadap surat keterangan kesehatan hewan ternak.

“Jadi, setiap hewan ternak, baik yang keluar maupun masuk ke wilayah hukum Polres Tapsel termasuk Kabupaten Paluta, akan dicek surat keterangan kesehatannya,” pungkasnya.

BACA JUGA  Sukses dan Meriah, Jajaran DPD IPK Deli Serdang Hadiri Pelantikan PAC IPK Medan Petisah

Tampak hadir dalam pengecekan tersebut, Kanit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapsel Iptu Aswin Manurung, Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak Iptu Mulyadi, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Paluta, Sapri Dewasa Simamora, serta instansi terkait lain, dan personel Sat Reskrim maupun Babinsa Koramil 05/Padang Bolak. (edrin/r)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *