IMG-20240501-WA0019

Bupati dan Wabup Simalungun Ziarah ke Makam Tuan Guru Jason Saragih

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati (Wabup) H Zonny Waldi berziarah ke makam Tuan Guru Jason Saragih, yang merupakan seorang tokoh dan pelopor pendidikan Simalungun, Selasa(2/5/2023).

IMG-20240227-124711

Makam Tuan Guru Jason Saragih berlokasi di Kelurahan Pamatang Raya, Simalungun, Sumut.

Usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang bertema “Bergerak bersama semarakkan merdeka belajar” di halaman kantor Bupati Simalungun, Bupati dan Wabup langsung menuju lokasi makam.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan sudah sepantasnya lah kita menghormati sang pahlawan, sang pelapor, sang guru pendidikan Kabupaten Simalungun.

“Kita bayangkan perjuangan beliau pada tahun 1911, saya kira jalan dari Siantar ke Tingarunggu mungkin belom ada aspal saat itu, mungkin masih jalan setapak pada saat itu,”kata Bupati.

“Maka sudah sepantasnya lah kita menghormati sang pahlawan kita, sang pelapor dan guru pendidikan Kabupaten Simalungun,”sambung Bupati.

Disampaikan, sungguh luar biasa perjuangan Tuan Guru Jason Saragih pada saat itu. “Kalau dulu, Tuan guru Jason mungkin sekolahnya tidak menetap, jika dibanding dengan anak-anak saat ini,” kata Bupati.

Ia mengatakan, Tuan Guru Jason belajar sampai ke kampung-kampung, ke huta-huta dengan jalan kaki, namun anak sekarang pergi sekolah naik angkot, duduk dan sampai ke sekolah. “Dan pada Tahun 1911 saya kira belum ada kendaraan bermotor saat itu,”ucap Bupati.

Menurutnya, perjuangan Tuan Guru Jason Saragih merupakan motivasi bagi masyarakat terutama generasi muda untuk lebih giat belajar, lebih fokus dan lebih meningkatkan lagi gairah belajarnya.

“Mungkin tanpa tuan guru Jason, saya kira kita akan terbelakang saat ini. Banyak sudah para pendiri Simalungun yang sudah berhasil melalui didikan Tuan Guru Jason, termasuk juga mantan Bupati Simalungun Tuan Madja dan Bupati Radjamin Purba, itu anak didik Tuan Guru Jason,” sebut Bupati.

Untuk itu, kepada anak-anak peserta didik, putra putri terbaik Simalungun, Bupati berharap agar belajar lebih giat dan lebih keras lagi, karena hidup ini kedepan semakin kompetitif. “Siapa yang paling pintar, dia yang tepat meraih kesuksesan,”kata Bupati.

Bupati dan Wakil Bupati didampingi Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, mewakili Ketua PN Simalungun Amiruddin, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, sejumlah pejabat tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Simalungun, Forkopimca Raya, pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Pemkab Simalungun serta para pelajar dan undangan lainnya saat berziarah.(Risma Manihuruk)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *