Polres Humbahas Gelar Rapat Kordinasi Persiapan Pilkades PAW Desa Sosortolong Sihite III

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama Polres Humbahas menggelar rapat koordinasi persiapan Pilkades PAW Desa Sosortolong Sihite III Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbahas, Sumut di aula PDDO Polres setempat pada Jumat (28/4/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Rapat dipimpin Kapolres AKBP Hary Ardianto didampingi Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kantor Bupati untuk mengetahui kesiapan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan instansi terkait

Dalam Ketua PPKD Pilkades Antar Waktu Desa Sosortolong Sihite III Kecamatan Doloksanggul Julius Simamora menerangkan PPKD telah melaksanakan tahapan tahapan Pilkades Antar Waktu yang akan di laksanakan pada tanggal 05 Mei 2023.

“Kita sudah menjalankan tahapan dan saat ini tahapan yang sedang kita laksanakan adalah pengundian nomor urut dan telah disosialisasikan kepada masyarakat,” katanya.

BACA JUGA  Sambut HUT RI, Gubsu Bersama Ribuan Warga Ikut Gerak Jalan yang Diadakan BPKAD

Selain itu saat ini sedang pencetakan surat undangan yang akan dibawa oleh para pemilih pada saat hari pemilihan.

Sementara itu dari Dinas PMDP2A yang disampaikan Maju Simanullang mengatakan mekanisme pemilihan Pilkades PAW itu bersifat musyawarah mufakat sehingga yang dibutuhkan suatu ruangan dimana para pemilih harus ada didalam ruangan tersebut.

“Dengan ukuran kantor desa yang sempit kami kira dipertimbangkan karena menurut hemat kami tempat tersebut masih kurang layak”, ujarnya.

Sedang Pj. Kepala Desa Anjor PurbaNJOR PURBA juga menjelaskan apa saja tindakan yang sudah dilakukan dan kesiapan Pemerintah Desa Sosortolong Sihite III untuk Pilkades Antar Waktu mendatang.

“BPD, Pemerintah desa, beserta unsur terkait Desa Sosortolong Sihite III telah melaksanakan musyawarah mufakat namun tidak dapat mencapai hasil sehingga diputuskan untuk melaksanakan musyawarah dengan pemilihan”, tambahnya.

BACA JUGA  Kapolsek Medan Tuntungan Pimpin Operasi Yustisi

“Kami merancang kantor desa akan dibuat pagar dan halaman kantor desa juga akan dipergunakan sehingga akan memperluas tempat daerah pemilihan”, katanya lagi.

Menurut Kapolres rapat koordinasi ini untuk mengetahui kesiapan dalam Pilkades PAW Desa Sosortolong Sihite III.

“Polres Humbahas akan membuat rencana pengamanan khusus pada pelaksanaan Pilkades PAW untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan”, tegasnya.

Ia menyarankan kepada Dinas PMDP2A agar setiap mekanisme tata cara pelaksanaan tahapan Pilkades PAW disosialisasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) PAW Desa Sosortoling Sihite III.

“Kami juga menyarankan kepada Ketua PPKD agar melaksanakan tahapan dengan benar dan penuh tanggung jawab, agar tempat pemungutan suara benar-benar steril dan memiliki identitas. Juga pada saat sebelum pemilihan dilaksanakan lakukan pengecekan surat suara dengan mengundang para saksi dan dengan didampingi oleh TNI/Polri”, ucapnya.

BACA JUGA  MUI Labura Dilantik

Pihaknya akan menugaskan Bhabinkamtibmas dan Sat Intelkam untuk melakukan pemantauan, melaksanakan himbauan kepada masyarakat, dan melakukan deteksi dini untuk menjaga Kamtibmas menjelang Pilkades PAW Desa Sosortolong Sihite III.

Kasat Intelkam Polres Humbahas AKP Abner Lubis menyarankan kepada Dinas PMDP2A dan PPKD PAW agar bekerja sama untuk merumuskan cara mengatasi apabila ada hasil seri dan segera menyampaikan hasil dari keputusan tersebut kepada Kepolisian khususnya Sat Intelkam. (tota)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *