Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

3 Desa di Perbaungan Ikuti Lomba HATINYA PKK

IMG-20240409-WA0076

Serdang Bedagai, TRIBRATA TV

HATINYA PKK merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (Pokja) PKK seluruh Indonesia. Gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari halaman asri, teratur, indah dan nyaman bersama Tim Penggerak PKK.

IMG-20240227-124711

Desa Pematang Sijonam,Kecamatan Perbaungan,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu dari 3 desa di Kecamatan Perbaungan, selain Desa Sei Jenggi dan Desa Naga Lawan, yang akan dilombakan mengikuti lomba HATINYA PKK.

Acara ini diselenggarakan di Kantor Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaunan, Kamis (22/4/2021).

Perwakilan Camat Perbaungan, Sri Rahayu mengatakan PKK Kecamatan Perbaungan mempunyai kebun percontohan yang dikelola langsung para anggota dan ditanami tanaman toga, sayur dan buah. Di Pematang Sijonam ada juga contoh halaman perkebunan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Kami mengharapkan bantuan dan arahan dalam pengembangan lebih lanjut dari Tim Penggerak PKK Kabupaten agar membantu kami dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga dengan produk pangan lokal yang telah diolah dan inovasi dalam kemasan sehingga menarik untuk dipasarkan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pokja sekaligus Ketua Tim Penilai HATINYA PKK Kabupaten Serdang Bedagai, Aini Zetara Siregar. Ada tiga indikator dalam penilaian HATINYA PKK yaitu pemnafaatan pekarangan rumah, komoditi pangan seperti ternak dan ikan.

“Ketiga sumber ini harus seimbang antara karbohidrat, protein hewani dan nabati. Ketiga indikator tersebut harus mencapai 80%, karena ketiga inilah jadi kriteria utama dalam penilaian HATINYA PKK.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sergai, Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, mengajak memnfaatkan pekarangan rumah semaksimal mungkin melalui HATINYA PKK, dengan mengoptimalkann pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan. (Willy Lubis)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *