Operasi Ketupat, Polres Nias Selatan Dirikan Pos Pengamanan

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Kapolres Nias Selatan, AKBP Reinhard H. Nainggolan memimpin apel gelar Operasi Ketupat Toba 2023 bersama Forkompinda di halaman apel Mapolres Nisel Jalan Mohammad Hatta, Senin, (17/4/2023)

IMG-20240227-124711

AKBP Reinhard H. Nainggolan yang membacakan amanat Kapolri 
Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyatakan apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan Operasi Ketupat 2023 dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

Operasi Ketupat Toba 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023 dengan fokus pengamanan masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara l.

BACA JUGA  Kapolres Gowa Sertijab Kasat Narkoba, Kasat Lantas, Kapolsek Tombolopao dan Lantik Kasihumas

Kapolri juga dalam amanat tersebut menyampaikan penekanan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik.

Lanjut, Reinhard menyampaikan penekan dari Presiden, Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit juga memberikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut :  

1. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua. 

2. Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani sop, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”presisi” sebagaimana harapan masyarakat. 

BACA JUGA  Kapolres Pelalawan Pimpin Apel Kesiapsiagaan "Power On Hand"

3. Pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. 

4. Berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat. 

5. Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media tv-radio nasional maupun lokal, serta media streaming polri tv-radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

BACA JUGA  Polresta Deli Serdang Gelar Acara Syukuran HUT KORPRI Ke 51

6. Perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat 2023.

Diakhir membacakan amanat Kapolri, Kapolres menyampaikan kepada seluruh personil yang terlibat dalam Operasi Ketupat Toba 2023 diantaranya jaga stamina dan kesehatan, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, laksanakan pengamanan secara professional dan humanis.

AKBP Reinhard juga menjelaskan Pos Pengamanan didirikan dibeberapa tempat diantaranya di simpang tiga Lahusa Kec.Lahusa, depan Puskesmas Luahagundre, juga Pos Pam Terpadu di Pelabuhan Baru Teluk Dalam dan Pelabuhan Telo PP Batu.

“Mantapkan kerja sama, sinergitas, dan solidaritas pada pihak-pihak yang terlibat pengamanan,” tandasnya. (Fanema Bago)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *