Pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak Capai 60 Persen

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Pembangunan Tugu Raja Marsundung Simanjuntak di Desa Parsuratan, Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara saat ini telah mencapai progres 60 persen.

IMG-20240227-124711

Menurut Jamres Simanjuntak, Ketua Panitia Pembangunan, tugu yang dibangun sejak 19 Desember 2018 ini sempat tersendat pembangunannya akibat pandemi Covid-19. “Kita baru saja selesai mengerjakan tiang pancang,” kata pengusaha sukses di Papua ini, Jumat (16/4/2022).

“Saya sudah berhasil diperantauan, di Papua, secara pribadi. Namun hati kecil saya ada beban tugu leluhur yang belum terbangun. Anak saya lahir di perantauan,maka pastilah tak mengenal sejarah marga yang diembannya,” ujarnya lagi.

Karenanya ia bertekad kuat untuk membangun tugu ini dengan berkomunikasi pada sesama marga Simanjuntak baik di Bonapasogit, di perantauan bahkan dunia.

Menurutnya pro kontra pasti ada. Secara nyata daripada yang pro kontra banyak mendukung pembangunan tugu ini.

Akhir tahun 2021, ia dan beberapa marga Simanjuntak prihatin melihat pembangunan tugu yang tertunda. Iapun datang dan meminta persetujuan kepada pengurus Bonapasogit agar pembangunan Tugu Raja Simanjuntak dilanjutkan pada tahun 2022.

“Saya berdoa, Tuhan gerakkan lah Pomparan (keturunan) Raja Marsundung Simanjuntak, demi terlaksananya pembangunan tugu Ompu kami. Mohon doanya bapak-ibu sekalian,” katanya.

Menurut Ketua Pelaksana Pardomuan Nauli Simanjuntak, rencananya tinggi tugunya sekitar 12 meter. Selain itu di komplek tugu seluas 500 meter persegi ini akan dilengkapi ruang pendukung seperti toilet, ruang doa, parkiran, dan tempat lainnya.

“Minggu ini sudah selesai dicor lantai satu dan dua, sambil penyelesaian menara secara bertahap,” ujarnya.

Disaat momen Jumat Agung dan Paskah, ia bersama 4 kepala desa
yakni Kades Parsuratan, Sumartin Simanjuntak, Kades Hutabulu-mejan, Kades Lingtong Nihuta Tampahan dan Kades Sigumpar, Salamat Simanjuntak tetap mendukung pembangunan tugu Ompu i Raja Marsundung Simanjuntak.

Sumartin Simanjuntak mengatakan mendukung penuh pembangunan tugu karena merupakan leluhur kami.

“Semua marga Simanjuntak Parsuratan memberikan apresiasi setinggi-tingginya, hati dan pikiran. Rencana dalam waktu dekat dan kemungkinan besok Sabtu akan hadir Tulang kami Raja Sihotang,” ujarnya.

Momen Jumat Agung Paskah tahun 2022 ini akan menjadi sejarah bagi marga Simanjuntak khususnya Parsuratan karena progres pembangunan berjalan baik.

“Mohon doakan kiranya pembangunan tugu Raja Marsundung Simanjuntak berjalan sesuai harapan,” tandasnya.

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara, Pardomuan mengatakan pembangunan ini sudah berjalan 4 bulan dengan memakan anggaran Rp2,4 miliar. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *