Jumlah ODP di Batu Bara Meningkat 177 Orang

IMG-20240409-WA0076

Batu Bara, TRIBRATA TV

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid – 19 di Batu Bara terus meningkat, tiga hari yang lalu bupati Zahir mengatakan 167 ODP, terhitung hingga hari Kamis malam informasi kondisi Covid-19 di wilayah Kabupaten Batu Bara tercatat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 saat ini sebanyak 177 orang.

IMG-20240227-124711

Berdasarkan data diterima wartawan dari Dinas Kesehatan Batu Bara, Jumat (3/4/2020) , 177 orang ODP itu tersebar di 14 Puskesmas se Kabupaten Batu Bara.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Batu Bara tiap hari ada aja penambahan. Ini berasal orang dari luar, Malaysia, Medan dan memang yang paling banyak pulang dari Medan dan kedua dari Malaysia,”kata Kadinkes Batu Bara drg Wahid Khusyairi di Lima Puluh.

BACA JUGA  Informasi Jadwal dan Lokasi Perpanjangan SIM Keliling

Khusus dari Malaysia sampai kemarin Rabu (1/4/2020) sebanyak 516 orang yang masuk terpantau. “Lain yang tidak terpantau,” ujarnya.

Dikatakan, dari 516 orang itu tercatat 40 orang ODP dan sampai saat ini belum ada yang positif terjangkit virus corona.

“Masyarakat jangan terpancing adanya isu terjangkit kenak corona, belum ada kepastian jangan percaya,”jelas Wahid.

Khusyairi juga menambahkan saat ini sudah menjalani 14 hari tahap pertama, melakukan penyelidikan itemologi dan untuk selanjutnya ini kan masih berlangsung proses karantina mandirinya dirumah masing-masing. Mereka yang sudah terdata ini kita buat peraturan lagi untuk melakukan pemeriksaan dan obserpasi,” sambung Kadis.

Selanjutnya kita lihat ODP ini semakin membaik atau memburuk. Kalau semakin memburuk tentu kita rawat di rumah sakit. Atau dilakukan perawatan secara intensif. Semalam sudah dimulai itu kepada dinas untuk melihat kembali yang ODP ini tadi,” paparnya.

BACA JUGA  Bandara Bung Karno Siau Diharapkan Segera Beroperasi

Lanjutnya, kita hanya bisa memberikan vitamin dan masker kepada ODP. Kita belum bisa Intervensi yang lain. Dari itu semua, kata Kadinkes semalam itu kita dapatkan tiga kasus yang keadaannya semakin memburuk, sehingga dirujuk ke RSUD Batu Bara dan sampai saat ini negatif.

“Kita sudah punya alat tes kalau mereka itu negatif. Semalam sewaktu membawa pasien lengkap dengan APD nya, tetapi itu pun dia tetap kita anjurkan untuk isolasi diri makan makanan yang bergizi dan masih diinapkan di RSUD Batu Bara,”terang Khusyairi.

BACA JUGA  Didukung Warga, Saber Bantu Gratiskan Pemasangan Instalasi Listrik Fasum Desa Mansiap Jaya

Ia juga menjelaskan, Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP sudah mempersiapkan seandainya terjadi peningkatan masuknya orang perantau dari luar negeri khususnya Malaysia menjelang puasa dan lebaran ini. “Karena Malaysia saat ini sudah lockdown, tentu pendatang pendatang ilegal tidak ada lagi tempat mereka untuk bekerja disana.

Bisa jadi nanti arus mudik tinggi dan kita siapkan nanti satu gedung, nanti sebelum masuk kemasyarakat mereka kita akan strining dulu. Kita siapkan ruangan nya, kita siapkan makanan nya sehingga dia tidak menyebar dulu kemasyarakat. Pencegahan dulu yang utama, kita karantina rumah dulu mereka,” tutup. Sembari mengatakan tidak ada PDP dan Positif zero. (Plk)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *