Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Dinas Kominfo Sitaro Gelar Bimtek Pengisian Data pada Aplikasi E-Walidata SIPD

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi menggelar Bimbingan Teknis Pengisian Data pada Aplikasi E-Walidata SIPD serta Launching Pengintegrasian SIPD Kemendagri dengan Portal Satu Data Sitaro di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (26/03/2024).

IMG-20240227-124711

Pj Bupati Kepulauan Sitaro Joi Oroh melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Novia Tamaka dalam sambutannya pertama-tama memberikan apresiasi dan mendukung penuh launching pengintegrasian SIPD Kemendagri dengan Portal Satu Data Sitaro.

“Dengan pengintegrasian ini, kita akan memiliki satu sumber data yang valid dan terpercaya yang akan sangat membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan di semua sektor pemerintahan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Asisten I menyampaikan data statistik sangat penting artinya bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pembangunan daerah. Sehubungan dengan telah terlaksananya Forum Satu Data Sitaro yang sudah menetapkan daftar data
statistik sektoral pada tahapan Asistensi Perencanaan Data, kemudian tahapan selanjutnya masuk dalam tahap pengumpulan data.

“Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam upaya kita meningkatkan kualitas dan integritas data pemerintahan, yang mana sangat penting dalam mendukung pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan yang berbasis bukti dan data. Pengisian data yang akurat dan terintegrasi adalah kunci utama dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang efektif, “ucapnya.

Dengan adanya integrasi data antara SlPD Kemendagri dengan Portal Satu Data Sitaro, diharapkan akan tercipta sinergi
yang baik antar-instansi pemerintah sehingga data yang disajikan menjadi lebih akurat, terpercaya dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan.

“Bagi para peserta bimbingan teknis, saya berpesan agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius dan penuh tanggung jawab. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam pengisian data sehingga nantinya dapat diaplikasikan dengan baik dalam tugas sehari-hari
guna menyediakan data dan informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku, “tukas Tamaka.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Stanly C.F. Tukunang, SE, MM, Kepala Bagian Setda, Pimpinan OPD, Narasumber, Operator Pengelola Data serta peserta bimtek dan lainnya.

IMG-20240310-WA0073