IMG-20240501-WA0019
Hukum  

Diedukasi, 70 Bal Pakaian Bekas Impor Diserahkan Agen ke Polda Sumsel

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) geram dengan maraknya impor pakaian bekas atau Thrifting. Menurutnya, hal tersebut mengganggu industri tekstil dalam negeri.

IMG-20240227-124711

Presiden Jokowi pun telah menginstruksikan jajarannya yang terkait untuk mengusut tuntas serta mencari akar permasalahan dari maraknya impor pakaian bekas yang masuk ke Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kepolisian untuk mencari akar masalah serta melakukan pemeriksaan terkait dengan munculnya pakaian bekas impor tersebut.

Mendapatkan instruksi dari Kapolri, Polda Sumsel melalui Sudit 1 Tipid Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel bergerak cepat dan berhasil mengamankan 70 bal pakaian bekas import.

Direktur Kriminal Khusus Kombes Pol Agung Marlianto melalui Kasubdit l Indagsi Ditreskrimsus AKBP Hadi Syaefudin didampingi Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty dan Kadis Perindag provinsi Sumsel Rizal Rojali merilis hasil ungkap kasus tersebut.

AKBP Hadi Syaefudin mengatakan, 70 bal/karung pakaian bekas luar negeri itu adalah hasil edukasi kepada pengecer dan agen barang bekas di Palembang.

“70 bal atau karung kita amankan, diserahkan secara sukarela oleh agen atau pengecer, dan selanjutnya barang-barang tersebut akan kita serahkan ke Dinas Perindag Provinsi Sumsel,” terang Hadi.

Dari pengakuan agen atau pengecer untuk membeli 70 bal atau karung, kalau dirupiahkan uangnya sekitar Rp500 juta, dengan keuntungan setiap bal/karung sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut karena sesuai aturan impor barang bekas di larang,” lanjut Hadi Syaifudin.

Sementara itu Kadis Perindag Sumsel Rizal Rojali menjelaskan, barang bukti pakaian bekas ini akan segera di musnahkan, dengan cara dibakar.

“Barang atau pakian bekas impor tidak boleh karena berdampak negatif, sangat dirasakan oleh UMK kita, dan juga untuk kesehatan sangat tidak baik,” tutupnya. (suherman)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *