Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Gereja Selesai Direnovasi, Pengurus Gereja Katedral Santa Maria Gelar Baksos

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

Sebagai bentuk rasa syukur atas pembangunan Gereja Katedral Santa Maria, pengurus gereja yang diwakili Romo Sukino atau sering disapa Romo Kino menggelar bakti sosial kepada warga sekitar, Selasa (21/3/2023) malam.

IMG-20240227-124711

Gereja Katedral Santa Maria yang terletak di Jalan Dr Sutomo Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang, pembangunannya telah selesai 99 persen.

Dalam bakti sosial pengurus gereja telah membagikan sembako berupa beras sebanyak 500 karung kepada warga Kelurahan Talang Semut yang diserahkan melalui pihak kelurahan, dan disalurkan melalui ketua RT setempat.

“Ya, sebagai rasa syukur kami karena telah selesai pembangunan renovasi gereja, kami mengadakan baksos dalam bentuk beras ke masyarakat, serta mengundang warga sekitar gereja untuk makan malam bersama,” ujar Romo Kito kepada wartawan.

Romo Kino menerangkan, pembangunan gereja sudah mencapai 99 persen dan rencananya pada 24 Maret 2023 nanti akan diresmikan secara langsung oleh Dubes Vatikan yang berada di Jakarta.

“Dubes dari Vatikan akan hadir saat peresmian, serta kami juga telah berkoordinasi dan melaporkan kegiatan ini kepada pemerintah setempat,” imbuhnya.

“Kami selaku pengurus gereja juga mengundang Gubernur Sumsel, Kapolda dan Pangdam II Swj sampai ke tingkat RT, dan telah mengundang para tokoh agama dan jemaat katolik lebih kurang 1.000 orang saat peresmiannya nanti,” pungkas Romo Kino.

Perlu diketahui, renovasi pembangunan Gereja Santa Maria memakan waktu sekitar 4 tahun, mulai dari tahun 2019 sampai 2023.

“Sebelumnya gereja tersebut sudah ada, akan tetapi kapasitas sudah tidak memungkinkan, maka dilakukan renovasi dimana biaya pembangunan gereja didapat dari sumbangan para jemaat,” terangnya.

Gereja Santa Maria Palembang merupakan pusat gereja umat Katolik yang menjadi pengurus seluruh gereja Katolik yang ada di Provinsi Sumsel, Jambi dan Bengkulu.

Sementara umur Gereja Santa Maria tersebut telah berusia ratusan tahun, yang didirikan pada zaman penjajahan Belanda.

Diketahui di seputaran Komplek Kambang Iwak Palembang banyak terdapat bangunan bersejarah seperti museum tekstil, rumah petinggi-petinggi tentara belanda yang sekarang sudah menjadi milik warga. (suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *