Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Pemkab Sitaro Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG-RKPD) Tahun 2025, yang berlangsung di Auditorium Kantor Bupati, Jumat (22/03/2024).

IMG-20240227-124711

Musrenbang ini dibuka oleh Pj. Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Joi Oroh sekaligus membawakan sambutan. Pada penyampaian sambutannya, Pj Bupati mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai pijakan awal dalam menapaki tahun 2025 yang akan
datang.

“Saya berharap, melalui agenda strategis dan bernilai penting ini kita dapat menyusun rencana pembangunan yang tidak hanya inovatif dan berkelanjutan, tetapi juga mampu menjawab tantangan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di
Bumi Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo, “tutur Bupati.

Lebih lanjut, Pj Bupati menjelaskan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau
MUSRENBANG-RKPD yang diselenggarakan pada hari ini merupakan amanah ketentuan
perundang-undangan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh level pemerintahan, mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional sebagai salah satu wadah untuk menentukan arah dan lompatan strategis yang harus kita ambil demi kemajuan Sitaro yang kita cintai bersama.

“Kaitannya dengan itu, perencanaan pembangunan tahun 2025 bukan hanya sebagai penjabaran pelaksanaan RPD tahun 2024-2026 semata, namun juga harus mampu lebih berkualitas dan produktif melalui percepatan pembangunan yang lebih fokus dan terintegrasi sebagai upaya menjawab permasalahan dan kesiapan menghadapi tantangan dan isu-isu strategis pembangunan ke depan, “ucapnya.

Dengan demikian, dapat diperkiraan tantangan dan isu strategis pembangunan tahun 2025 yang patut dijadikan dasar
dalam penentuan kebijakan dan program pembangunan tahun 2025 nanti, antara lain:

“Penanggulangan kemiskinan dan penanganan stunting untuk meningkatkan kualitas SDM, pembangunan sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata, peningkatan konektivitas untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup, mitigasi bencana dan perubahan iklim, “kata Pj. Bupati.

Diakhir sambutannya Oroh mengajak sekalian yang hadir untuk bersama-sama merumuskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah sesuai dengan arah kebijakan dan sasaran pembangunan serta menyelaraskan dengan usulan hasil Musrenbang tingkat Kecamatan.

“Besar harapan saya, perencanaan pembangunan yang kita musyawarahkan bersama ini tidak hanya mampu menyelesaikan permasalahan untuk satu tahun ke depan saja, tetapi juga mampu mengantisipasi permasalahan dan tantangan di masa mendatang secara cermat dan inovatif, serta semoga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat dilanjutkan pada tahap perencanaan berikutnya dan menjadi pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2025 yang semakin baik dan terukur, “pungkasnya.

IMG-20240310-WA0073