Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Cegah Meningkatnya Demam Berdarah, Pj Bupati Himbau Masyarakat Galakkan 3M Plus

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Joi Oroh mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Masyarakat diminta melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menerapkan 3M yaitu menguras, menutup penampungan air dan mendaur ulang sampah, untuk mengantisipasi tingginya kasus DBD.

IMG-20240227-124711

Imbauan ini disampaikan saat Pj Bupati memimpin Apel Kerja Bakti dalam rangka Program Gerakan Sitaro Bersih, Aman, Pintar (Gesit Bersinar) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk Massal yang berlangsung di Boulevard Ulu Siau (I Love Sitaro), Jumat (22/03/2024).

“Saat ini sedang terjadi peningkatan pasien Deman Berdarah Dengue (DBD) yang menjadi tantangan kita semua.
Mengantisipasi penyebaran demam berdarah yang lebih luas lagi, melalui Dinas Kesehatan dibantu perangkat wilayah Kecamatan, Kampung Kelurahan, telah melaksanakan fogging ke beberapa titik lokasi. Perlu diketahui, kasus tertinggi DBD berada di Kecamatan Siau Timur,” tutur Pj.

Kita juga dapat mencegah DBD secara mandiri dengan cara 3M Plus, 3M yakni menguras, menutup dan mendaur ulang barang-barang yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti.

“Selanjutnya adapun Plus-nya yakni memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar, menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan
secara bersama, memusnahkan habitat nyamuk; dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melakukan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, kendalikan stres dan olahraga secara teratur, “tukasnya.

Lebih lanjut, Oroh menegaskan bahwa hal itu sebagai wujud penerapan 3M Plus sebagai manifestasi dari komitmen kita bersama dalam memerangi penyebaran DBD.

“Mari membersihkan lingkungan sesuai dengan lokasi yang sudah dibagikan, mengeliminasi genangan air dan memastikan bahwa tidak ada sarang nyamuk yang dapat menjadi tempat berkembang biak, “pungkasnya.

IMG-20240310-WA0073