Sebanyak 47 Penerima Manfaat Menerima Bantuan Atensi Sentra Tumou Tou di Sitaro

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kementerian Sosial RI melalui Sentra Tumou Tou Manado menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

IMG-20240227-124711

Pj Bupati menerima secara simbolis dan menyerahkan kembali bantuan tersebut kepada penerima manfaat, di Lobby Kantor Bupati Sitaro, Rabu (20/03/2024).

Cosman Ambalao, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sitaro menjelaskan, Atensi merupakan program Kementerian Sosial RI yang dibantu oleh Dinas Sosial dan pendamping sosial di lapangan dalam mengumpulkan data.

Ia juga menerangkan Sentra Tumou Tou Manado sebagai perpanjangan tangan untuk melaksanakan kegiatan penyaluran agar bantuan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

“Untuk menjaring data calon penerima kami telah melaksanakan assestment komprehensif kepada penerima manfaat sesuai dari usulan dari pendamping daerah yang terdiri dari disabilitas, lansia, dan kelompok rentan,” terangnya.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat Bumi Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo ini dari Sentra Tumou Tou yang diserahkan oleh Baharudin kepada 47 orang penerima manfaat, terdiri dari 18 orang penyandang disabilitas dan 29 orang lansia yang tersebar di wilayah Siau Tagulandang Biaro.

“Hari ini kedatangan dari Kementrian Sosial khususnya Sentra Tumou Tou Manado dimana bantuan ini akan diberikan kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia sebanyak 47 orang penerima itu sudah terbagi di 3 wilayah di Siau Tagulandang Biaro, “tuturnya.

Untuk pembagiannya Siau Timur Selatan 7 orang, Siau Timur 3 orang, Siau Tengah 3 orang, Siau Barat Utara 6 orang, Siau Barat Selatan 7 orang, Siau Barat 9 orang, Tagulandang 7 orang, Biaro 1 orang, Tagulandang Selatan 2 orang, Tagulandang Utara 2 orang. Dimana untuk jenis bantuan disampaikan oleh Kadis Sosial berdasarkan Assesment Kebutuhan yang dimintakan oleh masyarakat baik untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia misalnya sembako, alat disabilitas, sesuai permintaan yang diminta oleh penerima manfaat.

Cosman Ambalao berharap, para penerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Kepada penerima manfaat agar bansos yang diterima dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik,” harapnya.

Ditambahkannya lagi, kiranya bantuan yang diterima ini bisa berkala disalurkan tiga bulan sekali.

“Ini dilakukan bisa setahun tiga bulan sekali berdasarkan permohonan yang ada pada masyarakat, nantinya dinas sosial akan melakukan verifikasi di lapangan bersama-sama dengan tim assesment dari Kementrian Sosial, “pungkas Kadis yang ramah ini.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000