Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Sitaro Gelar Rakor

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Mewakili Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sekretaris Daerah Denny D. Kondoj membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro tahun 2024 di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (19/03/24).

IMG-20240227-124711

Sekretaris Daerah Denny D. Kondoj mengatakan anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup bagi sebuah bangsa. Oleh karena itu anak harus mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosialnya.

“Maka menjadi kewajiban kita bersama selaku pemangku kepentingan untuk pemenuhan hak anak sehingga anak-anak menjadi aset dan modal sumber daya dalam pembangunan ke depan. Hal ini
tercantum dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak serta Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak, Pasal 8 menyebutkan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyelenggarakan Kabupaten Layak Anak, “tutur Sekda.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Daerah menjelaskan rapat koordinasi tersebut merupakan langkah strategis untuk menyamakan persepsi dalam penguatan program yang telah berjalan dan merancang langkah-langkah konkret Kabupaten Layak Anak Kab. Kep. Sitaro ke depannya.

“Saya mengajak kita sekalian selaku anggota Gugus Tugas Layak Anak untuk berpartisipasi secara aktif, memberikan masukan yang konstruktif dan bekerja sama dalam setiap tahapan pelaksanaannya karena Kabupaten Layak Anak bukanlah sekedar predikat, namun sebuah komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita demi menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas, “tambahnya.

“Mari kita bekerja keras dan berkolaborasi untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Bumi Karangetang
Mandolokang Kolo-Kolo, “ujar Sekda lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sitaro, Fabiola Papona menyampaikan bahwa perlu dukungan dan upaya strategis dari seluruh perangkat daerah untuk mengembangkan Kabupaten Layak Anak di daerah 47 pulau ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan persepsi gugus tugas mengenai tahapan pengembangan KLA, serta melaksanakan sinkronisasi dan koordinasi program tersebut di masing- masing instansi,” tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara secara virtual, Perwakilan Polres Kepulauan Sitaro, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sitaro, Pimpinan Bank SulutGo Cabang Siau, Asisten Sekda, Kepala OPD, para Camat, dan undangan lainnya.

IMG-20240310-WA0073