Rutan Kelas I Medan Berikan Pelatihan Keterampilan pada WBP

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medan fokus dalam memberikan pembinaan keterampilan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara maksimal. Baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun dengan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Balai Latihan Kerja (BLK) maupun lembaga sosial lainnya.

IMG-20240227-124711

Hal ini disampaikan Kepala Rutan kelas I Medan, Nimrot Sihotang dalam keterangannya, Kamis (16/03/2023).

“Kegiatan pembinaan keterampilan yang kami berikan kepada WBP untuk memberikan pengembangan kecakapan hidup (life skills) diantaranya berupa pelatihan keterampilan pengolahan limbah batok kelapa menjadi hiasan rumah tangga, membuat sendal, lukisan, berternak hingga bercocok tanam sayuran hidroponik, belajar mekanik dan masih banyak lagi,” ucapnya.

BACA JUGA  Camat Lahomi: Berkas Desa Sisombawo Sudah Diverifikasi dan Diteruskan ke Dinas PMD

“Tak hanya keterampilan saja, mereka juga akan dibekali sertifikat sesuai keahliannya ketika keluar nanti, keterampilan yang diberikan kepada warga binaan merupakan bentuk kepedulian kami agar kiranya ketika mereka keluar dari sini setidaknya mempunyai keterampilan sehingga dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri ,” ungkap Nimrot.

Ia juga mengatakan, meskipun harus diakui bahwa pembinaan itu membutuhkan waktu yang lama serta proses yang tidak cepat, namun seiring dengan berjalannya masa tahanan narapidana dapat menjalani proses dengan baik dan bisa kembali berbaur di dalam masyarakat.

BACA JUGA  Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kasat Binmas

“Pembinaan keterampilan ini diikuti oleh ratusan WBP yang dilaksanakan di ruangan bimbingan kerja setiap hari pada pukul 08.00 – 16.00. Hasil produk karya warga binaan dipasarkan secara langsung pada masyarakat (pengunjung) maupun Kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Koperasi dan UMKM,” kata Nimrot.

Selain itu, menurut Nimrot, produk-produk tersebut dihadirkan di setiap pameran-pameran baik yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada hari-hari besar seperti Hari Bhakti pemasyarakatan dan Hari Dharma Karyadhika.

BACA JUGA  Pemkab Nias Terima Piagam Penghargaan Pembuatan BAR

“Anak didik kita ini perlu diberikan perhatian lebih, baik berupa pemberian pembinaan keterampilan, kepribadian, kesehatan dan hak-hak lainnya, tiada lain untuk memberikan bekal kepada mereka agar kelak ketika keluar tidak lagi mengulangi perbuatan melanggar hukum,” tutup Karutan. (budi triono)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *