Camat Lahomi: Berkas Desa Sisombawo Sudah Diverifikasi dan Diteruskan ke Dinas PMD

IMG-20240409-WA0076

Nias Barat, TRIBRATA TV

Seluruh berkas APDES Desa Sisombawo Tahun 2019 dan 2020 sudah diverifikasi dan sudah diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nias Barat.

IMG-20240227-124711

“Tapi saya tidak tahu apa penyebab PMD dua tahun tidak mencairkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Sisombawo,” kata Kharasi Daeli, Camat Lahomi Kabupaten Nias Barat, Selasa (13/10/2020) di kantornya.

Ia mengaku tidak melihat ada kekurangan dalam berkas-berkas itu sehingga diverifikasi. Dan seharusnya tidak ada kendala lagi dalam pencairan DD dan ADD.

Sebelumnya Retoli Daeli, Kepala Desa Sisobambowo mengatakan akibat tidak cairnya DD dan ADD tidak ada pembangunan di desa mereka. Padahal anggaran itu sangat bermanfaat dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga desanya.

Ia menduga tidak cairnya DD dan ADD karena ada kepentingan pribadi Kafinus Starim Zebua, salah seorang Kepala Seksi (Kasi) Dinas PMD Nias Barat. Sebab saat ia dikantornya, berkas-berkas desanya diserakan Kafinus dilantai sambil mengeluarkan kata-kata kotor dan memaki dirinya.

“Tidak ada sedikitpun etika yang diperlihatkannya, padahal ia berpendidikan tinggi dan seorang ASN yang harus memberi contoh yang baik masyarakat,” tandas Roteli.

Ia berharap Bupati Nias Barat mengevaluasi kinerja Kafinus Starim Zebua dan mengambil tindakan tegas atas perlakuan buruknya. Apalagi Kafinus tidak profesional karena mencampur adukan kepentingan pribadi dengan pekerjaan.

Roteli berharap Bupati juga segera turun tangan untuk mencairkan DD dan ADD desa mereka, karena hal ini merupakan visi misi Presiden Joko Widodo dalam mensejahterakan masyarakat desa.

Ia juga mempertanyakan apakah DD dan ADD tahun 2019 dan 2020 desa mereka masih ada, karena sangat mungkin diselewengkan oleh Dinas PMD. “Bupati jangan tutup mata melihat kinerja jajarannya yang tidak becus, bupati harus tegas,” katanya. (Sabar)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *