Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Lancar, Ketua KPU Sitaro Ucapkan Terima Kasih

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kabupaten Sitaro, Senin hingga Rabu (26-28/2/2024).

IMG-20240227-124711

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 ini dibuka Ketua KPU Kabupaten Sitaro Stevanus Kaaro bersama Komisioner KPU Kabupaten Sitaro, Senin (26/2/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sitaro, Joi Oroh dan jajaran Forkopimda,Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sitaro Denny Kondoj Ketua Bawaslu Kabupaten Sitaro Hendrols Tatengkeng dan Anggota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kepulauan Sitaro dan pimpinan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

“Pada hari ini KPU Sitaro melaksanakan salah satu tahapan penting, yakni rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilu 2024. Yang mana kegiatan ini merupakan salah satu tahapan proses Pemilu, dalam mewujudkan transparansi, dan legitimasi demokrasi negara kita. Jadwalnya sesuai deng Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2024 untuk tingkat Kabupaten/Kota, Rapat Pleno itu dimulai tanggal 17 Februari hingga 5 Maret 2024 KPU Sitaro melaksanakan Pleno Rekapitulasi pada tanggal 26 – 27, tapi jika hari ini telah selesai berarti besok itu kita tinggal membagikan untuk D Hasil Kabupaten, itu pun kalau berlanjut sampai besok, “tutur Stevanus Kaaro Ketua KPU Sitaro saat dihubungi media.

Ketua KPU mengaku sangat berbahagia atas partisipasi dan support yang luar biasa dari semua pihak, terutama dari peserta Pemilu tahun 2024.

“Sejauh ini semuanya sangat support bagaimana penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 tahapan demi tahapan mulai dari sosialisasi, kampanye dan pencoblosan di Kabupaten Kepulauan Sitaro aman, tertib, lancar dan terkendali,” ujarnya.

Kaaro menerangkan untuk mekanisme rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 antara lain yakni PPK mengambil D Hasil dari dalam kotak dan dibacakan kemudian disinkronkan dengan Sistem Rekapitulasi Pemilu (Sirekap).

“Jadi para saksi maupun Bawaslu sama sama mencocokan data-data tersebut jikalau pun kalau ada kekeliruan atau perbedaan angka/hasil nanti mereka diberikan kesempatan untuk memberi tanggapan, itu untuk mekanisme plenonya, “tambahnya.

Dalam kesempatan itu Stevanus Kaaro juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran keamanan baik TNI maupun Polri yang selalu mendampingi KPU mengikuti alur tahapan Pemilu 2024. Tanpa pengamanan yang baik, maka jalannya Pemilu tidak akan aman dan kondusif.

Pun kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro yang telah berkontribusi menyukseskan setiap proses tahapan pemilu di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

“Intinya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro beserta semua instansi terkait telah bekerjasama mewujudkan Pemilu 2024 di Kabupaten Sitaro aman dan kondusif, “pungkasnya.

Semua peserta pemilu merasa puas dengan hasil rekapitulasi yang disaksikan oleh semua unsur terkait.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000