Jelang Pemilu, Polresta Pontianak Gelar Latihan Penanganan Huru Hara

IMG-20240409-WA0076

Pontianak, TRIBRATA TV

Menghadapi Pemilu tahun 2024 jajaran Polresta Pontianak telah mempersiapkan diri dalam upaya pengamanan rangkaian Pemilu. Berbagai kesiapan sudah mulai dilakukan oleh Polresta Pontianak, seperti terlihat Selasa (14/2/2023) di halaman Mapolresta Pontianak berlangsung latihan parsial dalam penanganan huru hara terkait Pemilu.

IMG-20240227-124711

Dalam kegiatan tersebut tergelar berbagai peralatan yang digunakan menghadapi huru hara berikut personil sebagai pasukan pengendali massa (Dalmas).

BACA JUGA  Dipimpin Kapolri, Kapolda Kaltim Ikuti Vicon Pemantauan Malam Tahun Baru

Kapolresta Pontianak Polda Kalbar, Kombes Pol Adhe Hariadi melalui Kasat Samapta AKP Samidi yang memimpin latihan menerangkan, latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri pasukan pengendali massa. “Selain pasukan beberapa peralatan yang digunakan sebagai alat khusus juga kita cek,” katanya.

Materi latihan, bagaimana menghadapi massa dengan berpedoman pada Peraturan Kapolri Nomor 2 tahun 2019 tentang penanggulangan Huru hara. “Kita melatihkan penanggulangan huru hara dengan cara yang humanis, tidak melanggar hak asasi manusia namun tetap tegas apabila dapat mengganggu kepentingan umum dan mengarah kepada situasi anarkis,” tegasnya.

BACA JUGA  Kapolres Bengkayang Lepas Atlet Dojo Taring Kurama Ikuti Kejuaraan Senkaido National Karate Championship

Latihan ini menurut Samidi akan berkelanjutan sampai personel yang bertugas dapat memahami tugas dan fungsinya.

“Yang paling utama adalah lebih mengedepankan profesionalisme saat menangani unjuk rasa atau huru hara,” pngkasnya. (Rahmad.s)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *