Program HIPAS RSUD Tarutung Raih Penghargaan The Winner Awards Hospital 2023

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Untuk memenuhi kebutuhan stok darah bagi pasien dan dalam pelayanan transfusi darah di RSUD Tarutung, Unit Pelayanan Tranfusi Darah dengan program Harapan Hidup Dengan Setetes Darah (HIPAS) telah memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan transfusi darah serta pelayanan bagi para pendonor.

IMG-20240227-124711

Demikian halnya untuk menghadapi kesulitan pemenuhan darah yang kerap terjadi terutama bagi pasien gawat darurat dengan inovasi HIPAS maka akan memudahkan stok darah dan ketersediaannya.

Sementara itu dengan diterapkannya inovasi HIPAS selain telah memberikan solusi dalam pelayanan transfusi darah, program ini pada tahun 2022 lalu telah meraih Juara II dalam Lomba Inovasi daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara dan pada tahun ini berhasil mendapatkan penghargaan dalam The Winner Awards 2023 dengan Kategori Hospital With HIPAS Innovation Service Program yang digelar Jumat (27/1/2023) kemarin di Surabaya.

BACA JUGA  Puluhan WBP Lapas Tebing Tinggi Terima Remisi Natal

Lomba ini diikuti oleh berbagai rumah sakit di Indonesia serta peserta dari negeri jiran Malaysia.

Sebagai salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia maka dengan menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan kehidupan lainnya. Selain itu dari aspek kesehatan dengan berdonor darah secara rutin memberikan dampak yang cukup baik bagi kesehatan pendonornya.

BACA JUGA  Polsek Selesai, Koramil dan FKPPI Gelar Jumat Barokah

Selain itu menurut Direktur RSUD Tarutung, dr Janri Nababan, dengan program HIPAS ini selalu ada darah pengganti. “Jadi ketika masyarakat atau pasien sedang membutuhkan darah misalnya B, sebelum adanya inovasi ini, harus akan mencari pendonor yang akan lebih memakan waktu yang lama, namun setelah adanya unovasi HIPAS, masyarakat tidak perlu mencari pendonor, cukup keluarga atau kerabat mendonor bebas golongan darah apapun sebagai pengganti donor darah yang sebelumnya diperlukan. Karena inovasi ini sudah memiliki Bufferstok, jadi tidak perlu lagi harus mencari pendonor yang harus sama dengan si penerima donor darah,” katanya.

BACA JUGA  Kapolres Labuhanbatu Hadiri Upacara Hari Santri Nasional

Menurutnya, penerapan HIPAS di RSUD Tarutung hadir akibat dari keluhan masyarakat terkait ketersedian donor darah yang minim dan lamanya mengantri di pendaftaran. “Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut donor darah, khususnya yang memiliki golongan darah AB, sehat, dan memenuhi syarat untuk donor,” ajak Janri.

Dikatakannya, dalam kehidupan, ada banyak sekali inovasi yang bisa diterapkan dan berguna bagi masyarakat luas. Demi meningkatkan pelayanan yang prima, RSUD Tarutung selalu berusaha memberikan yang terbaik, salah satunya memiliki unovasi yang sangat berguna bagi masyarakat. (h sagala)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *