IMG-20240501-WA0019

Limbah Beracun PKS Kebun Pabatu Diduga Dibuang Sembarangan

IMG-20240409-WA0076

Tebing Tinggi, TRIBRATA TV

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Kebun Pabatu PTPN 4 di Serdang Bedagai, Sumut diduga buang limbah beracun (B3) sembarangan tanpa diolah terlebih dahulu. Hal itu menjadi perhatian dan sorotan kalangan LSM dan wartawan.

IMG-20240227-124711

Pasalnya dilapangan didapati limbah yang dibuang begitu saja diduga merupakan limbah B3 (bahan beracun berbahaya). Pembuangan limbah sembarangan dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi manusia apa lagi hewan peliharaan.

Ketua DPC LSM Jaringan Laskar Nusa Bangsa (JLN) Tebing Tinggi, Ekrik Ependi Lubis, Senin (16/1/2023) mengatakan limbah pabrik PKS seperti Pabatu tidak boleh dibuang sembarangan tanpa diolah terlebih dahulu. Karena limbah beracun sangat berbahaya bagi lingkungan.

Menurut Ekrik PKS memiliki anggaran untuk pengolahan limbah. Jadi kalau dibuang sembarangan kemana anggarannya, “apa uda menguap” ujarnya curiga.

Sementara, Rafida wartawan Berantas Kriminal menyoroti pekerja yang tidak memakai APD saat bekerja. Padahal pemakaian APD menurutnya harus, sesuai SOP dan ini dianggarkan setiap tahunnya. Namun dilapangan kenyataannya pekerja tidak memakai APD.

Selain itu, Deni Panjaitan Pengurus Jaringan Penggerak Masyarakat Pembaharu (JPMP) mempertanyakan Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja (SMK3) Deni menyebut manajemen PKS Pabatu kayaknya tidak peduli. Itu terlihat dari para pekerja yang tidak dilindungi dirinya dengan peralatan dan pakaian yang setandart SMK3 dan SNI.

Senada dengan itu para wartawan dan LSM yang ngumpul di warung Inspirasi kompak akan menyoroti dan melakukan investigasi terhadap pembuangan limbah sembarangan yang dapat merusak lingkungan dan dapat menyengsarakan masyarakat ini. Bila perlu, bila PKS tidak dapat mengolah limbahnya sebaiknya ditutup saja, ujar mereka serempak. (Ibnu Sihombing)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *