IMG-20240501-WA0019

SD GMIST Kana Kanawong Mendapat Bantuan Program instalasi Very Small Aperture Terminal

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Bagi masyarakat perkotaan akses internet lancar dan stabil merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun tidak demikian dengan koneksi pada daerah terpencil. Terkhusus lagi di Indonesia sendiri berbentuk kepulauan dengan struktur geografis yang beragam, mulai dari pegunungan hingga lautan.

IMG-20240227-124711

Dewasa ini, hampir semua bidang kehidupan manusia membutuhkan koneksi internet sehingga sangat penting untuk masyarakat daerah terpencil juga memiliki akses sama. Untuk itu, diperlukan sebuah teknologi seperti VSAT atau Very Small Aperture Terminal.

Pemerintah Kabupaten Sitaro Pj Bupati Joi Eltiano Bernadin Oroh melalui Kepala Dinas Kominfo Stanly Tukunang menyampaikan Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian
Komunikasi dan Informatika di tingkat Kabupaten/Kota akan dimulai dan sesuai dengan usulan Kabupaten Kepulauan Sitaro bagi sekolah yang belum memiliki akses internet maka tahun 2023 kami akan memprioritaskan SD GMIST Kana Kanawong akan mendapat bantuan melalui program instalasi akses Internet tersebut.

Stanly juga menambahkan, SAT (Very Small Aperture Terminal) adalah sebuah satelit dengan terminal pengirim dan penerima sinyal berukuran antena berdiameter kecil sebagai perantaranya. Ukuran diameter satelit atau parabola ini adalah sekitar 0,6 dan 2,4 meter.

“Parabola ini berfungsi untuk mentransmisikan data, suara, dan video dalam jaringan satelit. Parabola ini juga dipakai untuk mengakses VoIP, LAN, data, dan internet satelit. Dalam penerapannya, VSAT terbagi menjadi tiga golongan yang dibedakan berdasarkan spektrum frekuensinya, yaitu VSAT Ku-Band, VSAT C-Band, dan VSAT KA-Band.
Salah satu kegunaan VSAT adalah untuk menjangkau lokasi terpencil atau sulit terjangkau dari jaringan komunikasi.

“Biasanya parabola ini digunakan di daerah pedesaan cocok sekali di wilayah pinggiran kota seperti kampung Kanawong, atau pesisir dekat perairan Pulau makalehi atau kepulauan lainnya,” katanya.

Heriawan Kasiahe selaku Ketua Komite SD GMIST Kana, Kampung Kanawong Kecamatan Siau Barat saat diwawancara TRIBRATA TV, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sitaro terlebih khusus Pj Bupati,
Mantan Bupati 2018 – 2023, Kepala Dinas Kominfo yang sudah memperjuangkan program instalasi akses internet ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sangat luar biasa, !! kepada Pemerintah Kabupaten Sitaro, Pj Bupati Joi Eltiano Bernadin Oroh, Mantan Bupati Evangelian Sasingen 2018 – 2023, Kepala Dinas Kominfo Stanly Tukunang yang sudah memperjuangkan program instalasi akses Internet tersebut, kami mengaku dan percaya dengan adanya akses jaringan internet ini, khusus pendidikan bagi masa depan anak anak yang ada di kampung kami pasti tidak akan kalah jauh kemajuannya dengan pendidikan anak anak yang ada di pusat kota lainya,” beber Kasiahe. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *