Pj Bupati Sumeulue Ajak Camat Kelola Sampah Agar Bermanfaat

IMG-20240409-WA0076

Simeulue, TRIBRATA TV

Penjabat (Pj) Bupati Simeulue, Ahmadlyah berkunjung ke Universitas Syah Kuala (USK) Banda Aceh untuk melihat langsung cara pengolahan sampah agar bernilai ekonomis di Bank Sampah USK, pada Kamis (10/11/2022).

IMG-20240227-124711

Dalam kunjungan tersebut turut mendampingi, ibu Pj. Bupati Simeulue Hj. Erni Zahara, Kabag Prokopim Setdakab Simeulue Romaidon Darma, Camat Teupah Barat, Teupah Selatan, Simeulue Cut, Camat Simeulue Barat, para ibu-ibu Camat dan anggota Dharma Wanita Kabupaten.

Pj. Bupati bersama rombongan berkesempatan mendengarkan pemaparan bagaimana pemanfaatan dan mengolah sampah yang baik hingga bernilai ekonomis, dari Ketua Bank Sampah USK, Rama Herawati.

Kunjungan Pj. Bupati Simeulue ke USK di Darussalam Banda Aceh kali ini disambut Wakil Rektor II Universitas Syah Kuala, Prof. Dr. Marwan, M.Si, Ibu Rektor sekaligus Ketua DW USK, Dr. Eti Endarti, M.Si dan Ketua Bank Sampah USK, Rama Herawati ,dan beberapa pejabat tinggi terkait .

Wakil Rektor II, Marwan, diawal sambutannya menyampaikan salam dari Rektor USK karena tidak dapat berhadir dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simeulue yang telah berkunjung ke USK.

Ia menyampaikan USK akan terus berkomitmen mengupayakan daerah bebas dari sampah plastik dan mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Pada kesempatan itu ia meminta dukungan dari Pemkab Simeulue dan pihaknya siap untuk bekerjasama.

Sementara itu Pj. Bupati Simeulue mengatakan maksud dari kunjungannya dan rombongan ke USK untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan sampah di Bank Sampah USK.

Dikatakannya, saat ini kondisi di Simeulue sampah berserakan dan belum dimaksimalkan untuk dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berharga.

“Hari ini datang dengan membawa para Camat dengan kondisi saat ini. Para Camat harus buat Bank Sampah di masing-masing kecamatan untuk dibuatkan percontohan pengelola sampah dalam bentuk Bank Sampah, minimal 1 Kecamatan 1 Bank Sampah,” kata Pj. Bupati Simeulue.

Pada kesempatan ini juga Ibu Pj. Bupati Simeulue, Hj Erni Zahara, S H. meminta kepada Camat dan istri untuk fokus dan belajar tentang bagaimana pengelolaan sampah itu dengan baik dan menjadi oleh-oleh ilmu yang sangat berguna.

Ia menyarankan agar para Camat di Kabupaten Simeulue untuk menerapkan sekaligus mempraktekkan bagaimana mengolah sampah itu di masing – masing jecamatan yang dipimpin.

Dalam kesempatan yang sama Pj. Bupati beserta rombongan berkesempatan mengunjungi proses pengolahan sampah organik/sampah alam yang diolah menjadi pupuk kompos yang dikelola Bank Sampah USK.

Kepada TRIBRATA TV, Pj Bupati Simeulue yang dikonfirmasi menyampaikan, pihaknya berharap dan berpesan agar kedepan semua pihak dan masyarakat Simeulue lebih arif dalam menangani dan mengatasi problem sampah.

Selain pihak pihak terkait, dihimbau pada masyarakat agar sampah rumah tangga maupun di lingkungan masing-masing untuk lebih aktif dalam pengelolaan sampah sehingga terhindar dari bencana alam seperti banjir, longsor maupun gangguan sejenisnya akibat sampah. (Martinus Zebua)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *