IMG-20240501-WA0019

Video: Warga Bilah Hilir Tuntut Program Plasma PT DLI

IMG-20240409-WA0076

Labuhanbatu, TRIBRATA TV

Ratusan warga yang mengatasnamakan Aliansi Koperasi Sidorejo Jaya dan Koperasi Bilah Sejagat, gelar aksi di depan kantor Kebun Wonosari PT DLI (Daya Labuhan Indah) Desa Sei Tampang Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu Propinsi Sumatera Utara, Rabu (9/11/2022).

IMG-20240227-124711

Sambil membawa sejumlah spanduk yang antara lain berbunyi “Wahai Penguasa Asing…!!!, Jangan Kangkangi Undang – Undang Negeri Ini. Realisasikan Kewajiban Kalian. Keluarkan Plasma 20 % Dari HGU Kalian”, mereka menuntut perusahaan itu membagikan 20 % lahan untuk plasma.

Koordinator aksi, Arman dalam orasinya mengatakan kedatangan mereka minta keadilan padahal sudah dua kali mengirim surat kepada PT DLI.

“Perlu diketahui tanggal 31 Desember 2022 HGU (Hak Guna Usaha) PT DLI akan berakhir sehingga kami menuntut agar diberikan program plasma,” ujarnya.

Sementara Ketua Koperasi Sidorejo Jaya Lestari, Katimin didampingi Ketua Koperasi Bilah Sejagat, Mas Budiman mengatakan, tanggal 18 Agustus 2021 pihaknya telah melayangkan surat ke pihak management perusahaan, namun tidak ada jawaban.

Kemudian Tanggal 21 September 2021 melayangkan surat kedua. Satu Minggu kemudian, kami menerima balasan dari pihak perusahaan, dengan jawaban belum ada program Plasma.

“Kami layangkan surat ketiga, tahun 2022. Selang beberapa hari kami diundang perusahaan namun belum ada jawaban terkait hal ini. Oleh karena itu, dengan mengulur – ulur waktu dari pihak perusahaan, kami menduga tidak ada iktikad baik. Kami juga menduga surat kami barangkali tidak disampaikan ke Sei Daun,”katanya.

Abdul Karim Hasibuan, Ketua Gerindra Kabupaten Labuhanbatu yang juga Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Labuhanbatu menyatakan sesuai dengan Undang – Undang yang ada yang terbaru, Omnibus Law UU no 11 tahun 2020, dipertegas dari pemerintah UU no 26 tahun 2021, perusahaan berkewajiban untuk memberikan plasma kepada masyarakat sekitar 20% dari luas areal yang dikuasai oleh perusahaan.

Pelaksana Manager PT DLI, Aswin mengatakan, akan menyampaikan aspirasi dan kesepakatan yang ada. “Sesuai dengan kesepakatan dengan Pak Wakil Ketua Dewan, agar kita dipertemukan, duduk bersama perwakilan dari masing-masing kelompok tani tersebut,” ktanya. 

Turut hadir pengamanan dari Kapolsek Bilah Hilir, AKP S Margolang beserta anggota dan personil Polres Labuhanbatu dan Danramil Bilah Hilir beserta anggota. (Kholik) 

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *