BPJS Keliling Mudahkan TNI AD Urus Administrasi JKN

IMG-20240409-WA0076

Pematang Siantar, TRIBRATA TV

BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar terus berupaya meningkatkan mutu layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

IMG-20240227-124711

Salah satunya adalah dengan menghadirkan BPJS Keliling dalam rangka memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin memperoleh layanan administrasi. 

Kali ini BPJS Keliling hadir di lokasi Rindam I Bukit Barisan di Pematang Siantar pada Jumat (06/10/2023) kemarin.

Layanan tersebut diberikan untuk memberikan kemudahan bagi anggota dan seluruh jajaran TNI AD untuk dapat mengakses kebutuhan kepesertaan Program JKN.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar, Kiki Christmar Marbun menjelaskan bahwa BPJS Keliling tersebut merupakan kanal yang disediakan sebagai salah satu upaya dari BPJS Kesehatan untuk mendekatkan pelayanan kepada peserta.

Menurut Kiki, kehadiran BPJS Keliling dijalankan untuk membantu pihak-pihak yang memerlukan pengurusan administrasi tidak perlu jauh–jauh mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

“Melalui kunjungan BPJS Keliling, peserta JKN dapat mendaftarkan diri, memperbarui data, dan mendapatkan informasi terkait Program JKN dengan lebih mudah. Hal ini sangat membantu bagi para anggota TNI AD yang memiliki mobilitas tinggi. Tak hanya itu, BPJS Keliling juga menjalin sinergi dengan pemerintah daerah untuk hadir dalam berbagai acara publik, seperti pasar murah dan pelayanan terpadu,” tutur Kiki.

BACA JUGA  Resmikan Masjid Nurun Nabawi, Dirpel PTPN III Ajak Makmurkan Masjid

Kiki mengungkapkan, pelayanan yang sering diakses oleh Bintara dan jajaran TNI AD dalam memanfaatkan kehadiran BPJS Keliling adalah layanan pendaftaran anggota keluarga, perubahan data meminta informasi seputar Aplikasi Mobile JKN.

Selain itu, ada beberapa Prajurit AD juga melakukan pembaruan nomor handphone, agar nantinya dapat mengakses layanan kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Harapan ke depannya BPJS Keliling dapat rutin dilaksanakan kembali sehingga bisa menjangkau peserta yang lokasinya jauh dari kantor BPJS Kesehatan dan terkendala untuk mengakses kanal layanan non tatap muka (online),” ungkap Kiki.

Salah satu Prajurit AD yang mengunjungi kegiatan BPJS Keliling, Budi Suprapto (57) menyampaikan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya kegiatan BPJS Keliling.

BACA JUGA  Baru Bertugas, Dandim 0213/Nias Berkunjung ke Polres Nias

Menurutnya, selama ini banyak anggota TNI-AD yang ingin melakukan penambahan anggota keluarga dan perubahan data tapi belum bisa dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu dan padatnya jadwal di instansi.

“Semoga dengan perkembangan teknologi informasi dalam proses pengaplikasiannya, layanan kepada peserta JKN bisa terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Juga tentunya kegiatan seperti ini dapat di sosialisasikan kepada peserta, sehingga inovasi dan teknologi yang telah dibuat bisa secara utuh dan lengkap dipergunakan oleh peserta,” terang Budi yang berpangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu) ini.

Menurutnya jarak dari Rindam I/BB Pematang Siantar tidak jauh untuk menjangkau kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pematang Siantar. Tetapi kendala hingga saat ini yang dialami oleh para prajurit TNI-AD adalah keterbatasan waktu dalam mengurus administrasi kepesertaan JKN.

“Hanya sepuluh menit dari Rindam I/BB Pematang Siantar ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar, tapi waktunya yang tidak ada bagi kami para prajurit.

BACA JUGA  Pemilik Media Online Sinarsergai.com: Banyak Anak Belum Tentu Bisa Merawat Seorang Ibu

Tetapi terima kasih kepada petugas BPJS Keliling yang telah hadir memberikan edukasi serta informasi terkait Aplikasi Mobile JKN. Cukup satu genggaman, urusan administrasi JKN bisa teratasi,” ungkap Budi.

Selain mendapatkan informasi terkait Aplikasi Mobile JKN, Budi juga mendapatkan informasi berbagai kanal pelayanan administrasi BPJS Kesehatan. Diantaranya Care Center 165 dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165.

“Dengan adanya BPJS Keliling ini saya jadi lebih tahu bahwa pelayanan administrasi BPJS Kesehatan tidak hanya di kantor cabang saja. Tetapi ada juga BPJS Kesehatan Care Center 165 dan layanan PANDAWA.

Tentu dengan adanya variasi pelayanan seperti akan memudahkan kami sebagai Peserta JKN. Saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan semoga JKN akan terus ada ke depannya,” kata Budi. (Rill/Joe)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *