Polres Sintang Amankan Aksi Unjuk Rasa di Pertigaan Jembatan Kapuas

IMG-20240409-WA0076

Sintang TRIBRATA TV

Ratusan personel Polres Sintang dikerahkan dalam pengamanan aksi unjuk rasa masyarakat di Pertigaan Jembatan Kapuas pada Sabtu (29/10/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Ratusan warga memadati Pertigaan Jembatan Kapuas dengan membawa berbagai spanduk tuntutan. Aksi warga yang tergabung dalam Solidaritas Warga Kampong Seberang jilid 2 ini merupakan lanjutan dari tuntutan yang mereka sampaikan tahun lalu kepada pemerintah Kabupaten Sintang.

Dalam aksi tersebut warga berorasi, membentangkan spanduk dan melakukan pemblokiran jalan dan jembatan.

Setelah beberapa waktu melakukan unjuk rasa, tampak Bupati dan jajaran nya datang menemui warga dan dilakukan diskusi yang akhirnya mendapatkan beberapa kesepakatan yang ditanda tangani Bupati Sintang, Ketua DPRD Sintang dan Kepala Dinas PU Sintang.

BACA JUGA  Ini Commandar Wish Kapolda Kaltim

Kesepakatan itu isinya yaitu pertama jangka pendek dana UPJJ masuk untuk pemeliharaan Jalan Mensiku Jaya secara intensif (termasuk penyiraman berkala, berkoordinasi dengan Kasat Pol PP) dan mulai dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Nopember 2023.

Kedua jangka panjang, segera melaksanakan peningkatan dan pengaspalan Jalan Mensiku Jaya dari ujung Jembatan Kapuas sampai menuju Masjid Jami’ Sultan Nata Sintang di bulan Januari tahun 2024. Tender dan pelaksananya adalah kontraktor yang berkualitas.

BACA JUGA  Personil Polsek Barus Patroli di Objek Wisata

Ketiga segera melaksanakan pembangunan jembatan Sungai Pembunuh dengan proses lelang di mulai pada bulan November 2023 dan maksimal dilaksanakan pada bulan Desember 2023.

Keempat segera melaksanakan peningkatan Jalan Laksamana Diva menuju SMAN 4 tahun 2024 menggunakan aspal.

Setelah tercapai kesepakatan kemudian warga membuka blokir jalan.

Kapolres Sintang AKBP Dwi Prasetyo, yang memimpin langsung pengamanan mengungkapkan pihaknya menurunkan ratusan personil mengamankan unjuk rasa warga. “Dalam pengamanan kita kedepankan humanis, bisa dilihat pleton Polwan kita tampilkan disini”, kata Kapolres.

BACA JUGA  Wakapolda Kaltim Ikuti Vicon Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Jelang Idul Fitri

Ia menambahkan, selama aksi pemblokiran jalan pihaknya juga tetap upayakan untuk keperluan mendesak seperti ambulan, anak sekolah dan orang sakit supaya tetap bisa melintas dengan pengawalan anggota Polres Sintang.

“Kita bersyukur unjuk rasa dapat berakhir dengan aman dan tertib tentunya kita selalu berupaya meminimalisir gangguan kemanan jangan sampai membesar terlebih sekarang sudah memasuki tahapan-tahapan pemilu, harapan kita situasi kamtibmas selalu kondusif,” tutup Kapolres. (Rahmad.s)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *