IMG-20240505-WA0006

2 Kandidat Bakal Bersaing dalam Pemilihan Ketua Askab PSSI Sitaro

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kongres Luar Biasa yang rencananya akan digelar 01 November 2022 nanti mulai memunculkan sejumlah sosok bakal calon (balon) pengurus Askab PSSI Sitaro. 2 kandidat bakal calon ini digadang-gadang akan bersaing dalam pemilihan ketua Askab PSSI Sitaro periode 2022-2026.

IMG-20240227-124711

Dua nama tersebut adalah Normans Luntungan yang telah berpengalaman dalam bidang sepak bola dan Moghtar Kaudis yang juga sudah malang melintang dalam dunia persepakbolaan. 

Mantan Exco PSSI Sulut Elians Bawole mengapresiasi langkah strategis yang diambil melalui Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan dalam pemilihan ketua Askab PSSI Sitaro setelah kurang lebih vakum selama 4 tahun.

Karena kekosongan kepemimpinan untuk Askab PSSI Sitaro disebutkan oleh Bawole menyebabkan kompetisi-kompetisi dibawah PSSI tidak jalan. “Namun disisi lain kita berusaha untuk pengadaan wasit di wilayah Sitaro, orientasinya kita sosialisasikan dulu sepak bolanya agar supaya wasitnya ada, “tutur Elians.

Dalam hal vakumnya Askab PSSI Sitaro ini karena pandemi Covid19 yang menimpa Indonesia terlebih Kabupaten Kepulauan Sitaro dimana untuk melaksanakan berbagai kegiatan dibatasi, namun sebelum pandemi diketahui berbagai ivent selalu dilakukan, tambah Moghtar.

Berdasarkan pantauan TRIBRATA TV Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan, telah resmi membuka pendaftaran calon Ketua Askab Sitaro dan komite eksekutif periode 2022-2026 pada Rabu, (26/10/2022). Pendaftaran dibuka selama dua hari, Rabu- Kamis (26-27/10/2022).

Saat dikonfirmasi secara terpisah baik Normans maupun Moghtar pun membenarkan hal tersebut, keduanya telah melakukan pendaftaran serta melengkapi syarat-syarat yang diperlukan untuk maju bersaing di pemilihan ketua umum dalam kongres luar biasa nanti.

Normans dalam penuturannya pun siap 1000% untuk pencalonan ketua askab Kepulauan Sitaro. Sekarang waktunya untuk membenahi sepak bola Sitaro, karena masih banyak PR yg harus di benahi di dalam kepengurusan induk sepak bola. 

“Dalam persiapan yang akan dilakukan 4 tahun kedepan ada beberapa rencana dan program yang akan dilakukan diantaranya akan melakukan perlombaan minimal setahun sekali harus ada perlombaan, berikutnya adalah kelompok umur dalam hal ini orang-orang yang akan melakukan pertandingan kita akan berikan rekomendasi dengan menggandeng kelompok umur supaya anak-anak tersebut bisa termotivasi terlibat dalam perlombaan yang akan digelar, “tuturnya.

Selain itu program lainnya adalah Ia akan membenahi perwasitan menjadi lebih profesional, akan ada rekrutmen dibuka pendaftaran bagi siapa saja yang berminat menjadi wasit tentunya sesuai persyaratan yang berlaku, dan juga pelatih- pelatih di Sitaro siapapun yang berminat mengembangkan skill akan diberikan kesempatan serta akan dibantu untuk kepelatihan gratis.

“Ini rencana kedepan yang nantinya akan disosialisasikan ke voters-voters yang ada, kalau program yang akan diberikan bagus kami optimis para voters akan memilih kami yang terbaik, “tukasnya.

Selain itu ia menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kongres nanti akan ada komitmen dari ketua, wakil serta exco yang terpilih. Komitmen itu pun harus dilakukan, siapapun terpilih kiranya harus didukung. Pihaknya pun akan terbuka untuk setiap keputusan akhir.

“Jauh hari sebelum digelarnya kongres torang sudah mencoba mempersiapkan untuk maju dalam pemilihan ketua Askab PSSI Sitaro ini, urgensi kehadiran Askab ini serta komitmen dari masing-masing calon supaya harus dipilah mana kepentingan politik dan mana kepentingan sepak bola, “tegasnya.

Dalam hal ini Luntungan mengharapkan perlu langkah progresif lagi dalam membangun sepak bola Sitaro. Kongres ini merupakan kesempatan yang baik menjadi wadah menuju sepak bola yang lebih baik di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

“Dengan adanya wadah ini yang bermaksud untuk mengarahkan anak-anak muda supaya tidak terjerumus hal-hal yang tidak inginkan seperti miras, narkoba, dan lain lain. Dan semoga dengan terpilihnya ketua yang baru juga akan membawa dampak yang postifif dan bermanfaat bagi anak-anak muda sekarang ini,”bebernya.

Terpisah dengan itu calon ketua Moghtar Kaudis juga menyiapkan visi misi untuk menduduki jabatan Ketua Askab PPSSI Sitaro, diantaranya dengan visi yakni menjadikan sepak bola Sitaro yang lebih maju.

“Dengan visi tersebut maka akan dijabarkan dalam 7 misi atau program dalam memajukan sepak bola Sitaro, biarlah masyarakat yang akan menilai melalui voters-voters, “katanya.

Ia mengharapkan sebuah pemilihan yang berkualitas, demokratis, dengan mengedepankan hal-hal yang baik.

“Tentunya dengan semangat sportifitas, semangat olahraga sepak bola, bukan karena nanti diiming-iming dengan sejumlah besarnya uang kepada masing-masing voters, dalam hal ini saya tidak mengiming-imingkan uang kepada voters tetapi yang kami janjikan adalah pengembangan dan kemajuan sepak bola di Sitaro, “tegas Anggota DPRD Sitaro ini.

Lebih lanjut Moghtar menuturkan bahwa ia ingin punya visi misi yang jelas dan terukur, mempunyai tanggung jawab dalam mengembangkan sepak bola di Sitaro.

“Tanggal 1 nanti akan dipilih oleh 31 voters, pilihlah figur yang baik yang mempunyai latar belakang terkait persepakbolaan, dalam hal ini saya sebagai pemerhati bola, yang sudah berkecimpung lama di bola, dengan modal itulah yang nanti kedepan jika saya terpilih akan dipakai untuk mengembangkan sepak bola, tentunya dengan struktur komposisi yang sudah disipakan, “katanya dengan optimis.

Kaudis merupakan pemain sepak bola club Amor Kisihang sejak 1994, kemudian beberapa kali membuat pertandingan MK CUP di Tagulandang, ia pun pernah menjadi Ketua Panitia Bupati Cup di Tagulandang dan sekarang menjadi penanggung jawab turnamen sepak bola DPC PDI Perjuangan Cup 2022 di Tagulandang.

Nantinya sejumlah 31 voters yang memiliki hak pilih akan memilih ketua Askab Sitaro dan komite eksekutif periode 2022-2026 pada tanggal 01 November 2022. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *