KPU Sitaro Terima Sebagian Logistik Pemilu Tahap Pertama

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sitaro telah menerima logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 yang didistribusikan oleh KPU Republik Indonesia.

IMG-20240227-124711

Sekretaris KPU Kabupaten Kepulauan Sitaro, Nelwan Maloring yang diwawancarai media pada Kamis (26/10/2023) menyebutkan pendistribusian logistik telah dilakukan pada tanggal 22 dan 26 Oktober.

Ia menerangkan logistik yang diterima oleh KPU Kabupaten Kepulauan Sitaro adalah bilik suara dan kotak suara.

“Pendistribusian logistik tahap pertama yakni kotak suara, tiba di pelabuhan Pehe Siau Sarat dengan kapal KM Lohoraung yang diberangkatkan dari Pelabuhan Munte Likupang Kabupaten Minahasa Utara, tiba pada hari Kamis, 26 Oktober 2023 sekitar pukul 07.30 WITA dan langsung digeser ke gudang logistik milik KPUD Kabupaten Kepulauan Sitaro yang beralamatkan di Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur,” tuturnya.

Diketahui bilik suara yang telah diterima pada Minggu 22 Oktober sebanyak 1.000 buah bilik suara.

Sekretaris KPU menyampaikan hal sesuai dengan hasil pencermatan dari KPU, pendistribusian logistik ini disaksikan Pihak Kepolisian, Bawaslu, Panwascam, dan pers.

BACA JUGA  Video: Bawaslu Sitaro Seleksi Calon Anggota Panwas

Kemudian KPU Sitaro telah menerima kotak suara sebanyak 1.265 unit, yang diterima dari penyedia sebanyak 1.270 unit suara, kelebihan 5 unit tujuannya mengantisipasi adanya kotak suara yang rusak.

Logistik kotak suara ini disediakan oleh PT. Cipta Multi Buana Perkasa beralamat di Pergudangan Sentra Kosambi Blok G No 10-15 Kosambi Timur, Kosambi, Tangerang kemudian dibawa ke Pelabuhan Bitung melalui jalur laut selanjutnya dibawa ke Gedung Logistik KPU Sitaro yang berlokasi di Gedung MM Ulu Siau menggunakan jasa ekspedisi Union Logistik yang dimuat memakai Truk Isuzu.

Dia menyampaikan logistik Pemilu 2024 tahap pertama berupa kotak suara tersebut diterima dalam kondisi baik.

“Semuanya telah diterima secara utuh dan selanjutnya akan dilaporkan secara berjenjang ke Sekretaris Provinsi bahwa logistik untuk Kabupaten Kepulauan Sitaro yaitu bilik suara dan kotak suara telah diterima dengan baik,” katanya.

BACA JUGA  KalaMusika, Sejumlah Tokoh Akan Baca Puisi

Dia menyampaikan pada pengadaan logistik pemilu tahap pertama telah diproduksi bilik suara, kotak suara, tinta, dan gembok. Logistik tersebut menurut Ahmad akan dikirim secara bertahap. 

Kemudian dalam pengadaan logistik tahap kedua akan dilakukan pengadaan surat suara. Pengadaan surat suara tersebut masih menunggu Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024.

“Untuk tahap dua yakni pengadaan surat suara masih menunggu hasil pencermatan DCT, selanjutnya masih diplenokan kembali oleh komisioner dan untuk kebutuhan selajutnya akan menunggu pengadaan dengan pihak penyedia (pihak ke – III), “tukasnya.

Ketika ditanya terkait pengelolaan logistik Pemilu, ia menerangkan KPU Kabupaten Sitaro telah menyiapkan gudang yang dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Gudang tersebut dijaga 24 jam oleh petugas keamanan KPU Kabupaten Sitaro dan pihak kepolisian untuk memastikan keamanan logistik tersebut. Gudang tersebut juga difasilitasi dengan CCTV dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

BACA JUGA  Korem 033/WP Gelar Upacara Peringati Hari Juang TNI AD Ke 77

“Untuk pengawasan dan pengamanan logistik dari pihak internal KPUD sendiri sudah ada di tim pengaman Pamdal (pengawasan dalam) selanjutnya setiap hari akan tetap berkordinasi dengan pihak Bawaslu dan pihak terkait yaitu TNI Polri untuk terus menjaga bersama dan memantau gudang logistik yang disiapkan, “kata Mantan Sekretaris KPU Talaud ini.

Maloring berharap untuk tahapan ini yang sangat dibutuhkan adalah semangat serta kolaborasi bersama.

“Sangat diharapkan sinergitas baik antara KPUD, Bawaslu, Peserta Pemilu, Pemerintah, TNI Polri, semua lembaga organisasi masyarakat termasuk insan pers untuk memantau terus perkembangan tahapan pemilu ini semoga berjalan sesuai apa yang telah diatur oleh perundang-undangan, “ungkapnya.

Turut hadir bersama Komisioner KPU Sitaro Vivian Palit, perwakilan Bawaslu Sitaro Christianto Salindeho, Ketua Panwascam Siau Barat Herison Daleghi, dan jajaran staf sekretariat KPU Kabupaten Sitaro, personel Polres Kepulauan Sitaro dan Polsek Sitim. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *