IMG-20240505-WA0006
Hukum  

Sat Reskrim Polres Gowa Selesaikan Kasus Pengeroyokan Lewat RJ

IMG-20240409-WA0076

Gowa, TRIBRATA TV

Sat Reskrim Polres Gowa, Sulawesi Selatan menyelesaikan kasus pengeroyokan lewat restorative justice. Kasus ini sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial.

IMG-20240227-124711

Diketahui kasus ini bahkan saling melapor di Polres Gowa, akhirnya diselesaikan lewat keadilan restorative tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.

Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Burhan mengatakan, kasus pengeroyokan terjadi pada Senin (26/9/2022). Saat itu korban berinisial HA sedang berbincang bersama rekannya di depan gedung kampus, tidak lama kemudian pelaku berinisial NK masuk dan menyerang sejumlah orang di sekitar lokasi.

“Korban yang saat itu hendak melerai juga terkena pukulan oleh beberapa pelaku pada kepala yang mengakibatkan korban mengalami luka terbuka pada kepala dan luka lecet pada punggung tangan kanan,” jelas Kasat, Selasa (25/10/2022).

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi korban dan pelaku, akhirnya pihak korban mencabut laporan dan mengajukan surat permohonan untuk dilakukan restorative justice. ”Antara korban dan pelaku telah sepakat berdamai,” ujar perwira tiga balok dipundaknya itu.

Lanjutnya, terkait permohoan tersebut, pihaknya telah melakukan gelar kasus dengan melibatkan pengawas eksternal yakni dari Propam, Siwas dan Siekum Polres Gowa.

“Tentu dalam gelar akan diteliti atau dicek persyaratan formil dan materil dengan mengacu pada Perpol No 8 tahun 2021 tentang Restoratif Justice (RJ),” sebutnya

Menurutnya kedua belah pihak sudah dipertemukan dan dilakukan Restoratif Justice (RJ) tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun dan disaksikan Wakil Dekan III Prof. Dr. H. Mochtar Lutfi, M.Pd bersama Kanit Jatanras Sat Reskrim Polres Gowa dan beberapa mahasiswa.

Sementara itu, Wakil Dekan III Prof. Dr. H. Mochtar Lutfi mengapresiasi atas Restoratif Justice yang dilakukan Polres Gowa.

“Kami pihak kampus sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Polres Gowa melalui Sat Reskrim dan saya rasa ini sudah cukup baik sampai terwujud perdamaian seperti ini,” ungkapnya.(Edi Hamzah)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *