Hari Santri, Bupati Banyuwangi: Mari Wujudkan “Lima Hebat” Santri

IMG-20240409-WA0076

Banyuwangi, TRIBRATA TV

Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Banyuwangi, Jawa Timur digelar di pendopo Sabha Swagata Blambangan.

IMG-20240227-124711

Bupati Banyuwangi bersama para kyai dan santri melaksanakan upacara secara hybrid. Selain di pendopo para santri juga mengikutinya secara virtual di sejumlah pesantren, Jum’at (22/10/2021).

Tampak diantaranya KH. Thoha Munthaha, KH.Muhammad Yamin, KH.Burhan, KH.Zarqoni,KH.Ainul Yaqin dan sejumlah kyai lainnya. Juga turut hadir perwakilan ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Rabithah Ma’ahid Islamiyah dan lainnya.

Selain itu juga dihadiri Forum Pimpinan Daerah Banyuwangi diantaranya Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu, Danlanal Letkol Laut (P) Ansori, Kepala Kemenag Banyuwangi H. Slamet, Kepala Pengadilan Agama dan perwakilan Kejari serta Pengadilan Negeri.

BACA JUGA  Kapolda Sumut: Satpam Profesi Mulia

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ipuk mendorong para santri untuk bisa mewujudkan lima hebat santri. “Kami di pemerintah daerah akan terus berikhtiar membantu dan mendorong para santri untuk bisa mewujudkan 5 hebat santri. Mari kerja bersama mewujudkannya, “ungkapnya.

“Hebat ilmu agama, hebat penguasaan sains dan teknologinya, hebat kemandirian ekonominya, hebat kasih sayangnya dalam kebhinnekaan Indonesia,dan hebat gotong royongnya dalam membangun negara dan daerah, “lanjut Ipuk.

Dengan terwujudnya “lima hebat” santri, maka akan semakin memperkuat peran santri dalam kehidupan bernegara. Dengan hebat ilmu agamanya, maka menjadi panduan bagi arah kebaikan masyarakat. Dengan hebat kemandirian ekonominya maka mempercepat pemulihan ekonomi, termasuk bisa membuka lapangan kerja.

BACA JUGA  Pj Bupati Sitaro Buka Kegiatan Budaya Muliku Wanua

“Dengan hebat rasa toleransinya, kita jaga NKRI. Dengan hebat sains dan teknologinya, bisa bantu berbagai masalah rakyat dengan iptek. Dengan hebat gotong royongnya tercipta kekuatan kolaburatif untuk mempercepat kemajyan dan daerah, “paparnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, imbuh Ipuk, Pemkab Banyuwangi meluncurkan berbagai program yang dapat diakses oleh para santri. Seperti halnya beasiswa,pelatihan kewirausahaan, bantuan pesantren, dan aneka forum dialog lintas agama.

“Setiap tahun kita juga mengucurkan bantuan ke pesantren – pesantren untuk menstimulus perbaikan sarana dan prasarana belajar para santri, “terang Ipuk.

Lebih jauh, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para santri dan keluarga besar pesantren. Selama ini telah menjadi mitra pemerintah dalam menghadapi Covid -19. Santri, alumni, orang tua santri dan jemaah, merupakan komunitas besar yang turut membantu dalam menangani pandemi sekaligus memulihkan kembali pemberdayaan ekonomi.

BACA JUGA  Sempena Hari Bhayangkara Ke-76, Tim Anjangsana Polda Riau Kunjungi Keluarga Jurnalis

“Kehadiran santri senantiasa kami harapkan, kami idam – idamkan, untuk bersama – sama mengatasi permasalahan bangsa serta membangunnya, “ujar Ipuk.

Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional di Banyuwangi diawali dengan serangkaian lomba dan pelatihan bagi para santri. Seperti lomba baca kitab, nadzaman, vidio pendek, hingga hadrag Al -Banjari. Lalu, dilanjutkan dengan khotmil Qur’an bersama Par pwnghafal Al -Qur’an. Lalu, ditutup dengan penganugerahan santri berprestasi dan tasyakuran. (irawan)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *