IMG-20240505-WA0006

Pj Bupati Sitaro Buka Kegiatan Budaya Muliku Wanua

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Budaya Muliku Wanua merupakan salah satu Budaya masyarakat yang ada di Pulau Tagulandang yang dilaksanakan setiap tahun.

IMG-20240227-124711

Budaya ini, merupakan ajang bersilahturahmi antar sesama masyarakat seiring dengan menyambut serta menjalani tahun baru yang baru dengan berjalan mengelilingi Pulau Tagulandang.

Pj Bupati Kepulauan Sitaro, Joi E B Oroh menghadiri dan membuka kegiatan Budaya Muliku Wanua tahun 2024 dan di hadiri bersama Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Toni Supit secara langsung
di Wilayah Tagulandang, Minggu (28/01/2024).

Muliku Wanua berarti “berkeliling pulau”, sebuah tradisi berjalan kaki mengelilingi Pulau Mandolokang. Tradisi ini bermula pada suatu perayaan tahun baru di masa silam. Untuk keperluan silaturahmi dan mengucapkan selamat tahun baru pada kerabat leluhur serta penduduk pulau Mandolokang berjalan kaki dari satu desa ke desa lainnya. Dan kebiasaan itu terus dilestarikan sampai saat ini.

Sebelum kegiatan dimulai, diawali dengan ibadah bersama di Pendopo Kecamatan Tagulandang

Bupati dalam sambutannya mengatakan, bersyukur kepada Tuhan atas berkat pemeliharaanNya, sehingga bisa ada dalam suatu Agenda kegiatan Budaya Muliku Wanua tahun 2024.

Pj. Bupati Sitaro Joi Oroh mengungkapkan, ini pertama kalinya mengikut festival budaya Muliku Wanua, meski begitu sebagai pimpinan daerah, ia merasa bangga dan mengapresiasi kehadiran masyarakat bersama Pemerintah dengan begitu antusias.

Sosok yang sederhana dan bersahaja ini mengajak masyarakat untuk menghayati dan membina hubungan persaudaraan, hubungan cinta kasih antara satu dengan lainnya yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

Dalam himbauannya untuk semua yang terlibat dalam acara maliku wanua kiranya dapat senantiasa menjaga lingkungan dan tidak membuat sampah sembarangan.

Semua berbondong-bondong dengan sangat antusias. Terlihat mulai dari pejabat, ASN, pun masyarakat menyatu bersama dalam kebersamaan ajang muliku wanua.

Peserta muliku wanua ini pun berjalan kaki beriring iringan mengelilingi pulau Tagulandang dari kampung ke kampung. Tidak hanya berjalan kaki namun juga diisi dengan nyanyian nyanyian, tarian masamper, dan penampilan kesenian lainnya.

Selain PJ Bupati Joi E B Oroh dan Ketua DPRD Tony Supit. Mantan Wakil Bupati Piet Hein Kuera Juga turut bersama dalam acara Muliku Wanua ini, Ketua DPRD Sitaro Djon Ponto Janis bersama Anggota DPRD, Ketua Fraksi DPRD Moghtar Kaudis, unsur Forkopimda, dan Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Kepala Bagian Setda, Camat, Lurah dan Kapitalau se Sitaro, ASN, BUMN, BIMD, dan masyarakat pun bh turut berbaur bersama dalam indahnya kehangatan ajang Muliku Wanua. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000