PT.TPL Bersama Yayasan Doktor Sjahrir & Womanpreneur Community Kembali Gelar Pelatihan UMKM

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

PT.Toba Pulp Lestari (TPL),Tbk merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di usaha industri pulp dan bahan kimia.

IMG-20240227-124711

Bersama Yayasan Doktor Sjahrir & Womanpreneur Community, PT TPL kembali menggelar Pelatihan Inkubator Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama 3 hari di Graha TPL, Desa Pangombusan, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Kamis (20/10/2022)

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian beberapa pertemuan berkala secara bertahap melalui Webinar dan zoom, hingga terakhir Focus Group Discussion (FGD), merupakan diskusi tatap muka sekaligus monitoring hasil dari bimbingan selama satu bulan terakhir ini.

Salah satu Chef Indonesia, Ragil Imam Wibowo menjadi pembicara dalam kegiatan ini. Sebelumnya, ia pernah memberikan webinar pada tahun 2021 lalu untuk para UMKM binaan TPL.

BACA JUGA  2 Fraksi Tak Hadiri Paripurna DPRD Nias, P-APBD 2023 Terancam Gagal

Tahun 2022 kembali melatih 35 peserta UMKM binaan PT TPL. Untuk pelatihan kali ini, Chef Ragil membawakan materi tentang cara mengelola bahan makanan dengan baik, sehingga bisa memberikan cita rasa daerah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Ragil mengatakan, tertarik untuk melestarikan warisan kuliner Indonesia, khususnya menggunakan bahan-bahan lokal dan resep otentik. “Menggabungkan metode memasak tradisional dengan presentasi modern, saya lihat Toba memiliki bahan makanan yang cukup menarik seperti andaliman dan tomat yang bisa dipadu-padankan menghasilkan minuman yang unik dan segar,” terang Chef Ragil.

BACA JUGA  Video: LSM Temperak Medan Berbagi 150 Paket Sembako

Menurutnya pelatihan seperti ini harus sering diadakan. Peran TPL sebagai pihak swasta dengan mengadakan pelatihan ini menunjukkan kepedulian untuk membantu mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Harapan kedepan UMKM binaan TPL bisa menjadi mandiri dan menghasilkan kuliner yang menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Toba,” ucap mantan Chef Hotel Grand Hyatt Jakarta.

Sementara Ramida Siringo-ringo, Community Development (CD) Manager TPL menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM terutama terkait kualitas dari produk-produknya.

“Pelatihan dihadiri 35 peserta, lebih sedikit dari bulan sebelumnya karena diberikan kepada para ketua dari berbagai bidang UMKM, yang akan meneruskan ilmunya kepada anggota binaan,” ujarnya.

BACA JUGA  Ngabuburit, Warga Binaan Tangkap Bebek Yang Dilepas

Kedepan melalui Pelatihan ini, diharapkan mampu melahirkan produk-produk berkualitas dan mampu bersaing dengan produk lainnya, kemudian mampu untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru kepada para UMKM binaan TPL, tambah Ramida.

Usai para pelaku UMKM terasah ilmunya, kelak diharapkan dapat memicu munculnya pelaku usaha yang memiliki mental tangguh dan siap untuk menyambut wisatawan, di berbagai event di wilayah Danau Toba sekitar sebagai salah satu destinasi wisata super proritas di Indonesia. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *