IMG-20240501-WA0019

Jubel Tambunan Reses di Balige, Warga Keluhkan Air Bersih, Minta Bantuan Mesin Jahit dan Ternak Ikan Bioflok

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Reses I DPRD Provinsi Sumatera Utara tahun 2023-2024 oleh Jubel Tambunan SE dari Partai Nasdem berlangsung di Kelurahan Sangkar Nihuta Balige, Kabupaten Toba yang dihadiri sekitar 400 warga, Rabu (18/10/2023).

IMG-20240227-124711

Beberapa aspirasi yang disuarakan warga diantaranya minimnya kesediaan air bersih, bantuan mesin jahit dan ternak ikan Bioflok.

Kepala Kelurahan Sangkar Nihuta, Rumondang Pasaribu mengatakan, kunjungan reses anggota dewan provinsi Sumut Jubel Tambunan begitu sangat kami perlukan. “Banyak keluhan, aspirasi yang sangat ingin disampaikan, salah satunya minim air bersih, perlunya pelatihan kerja. Kami pun sangat meminta sinergisitas DPRD Provsu dengan kelurahan kami pak, demi kemajuan Kelurahan Sangkar Nihuta kedepan,” katanya.

Sementara tokoh masyarakat Sihar Pardede (Anak OpParam) mengatakan Jubel Tambunan sudah jelas teruji sebagai perwakilan aspirasi ditingkat Provinsi Sumatera Utara. Tentunya reses I ini merupakan moment terakhir sebelum ia maju kembali untuk bertarung di Pileg DPRD Provinsi untuk yang ketiga kalinya.

“Kendala di Kelurahan Sangkar Nihuta sampai saat ini masih sulitnya Aair bersih. Kami berharap dengan kehadiran bapak disini yang membawa juga Perum Tirtanadi merupakan langkah yang tepat, agar ke depan bisa diperbaiki dan dibuat tambahan pengadaan air bersih,” ucap Sihar yang juga Caleg Dapil I Nasdem.

Tokoh pemuda Nasib Napitupulu mengaku sangat bangga dengan kehadiran Pak Jubel di kelurahan ini. “Saya sudah melihat kinerja bapak yang banyak membantu pembangunan gereja-gereja. Permintaan kami untuk bisa memperhatikan muda-mudi akan lapangan pekerjaan, mohon diperbanyak pelatihan-pelatihan pak. Juga ibu-ibu disini meminta bantuan mesin jahit,” katanya.

“Karena kami bukan petani, jadi Kami sangat tertarik dengan ternak ikan Bioflok yang bisa diberdayakan dihalaman rumah atau pekarangan rumah perkotaan,” tambahnya.

Menanggapinya Jubel Tambunan yang juga Ketua Partai Nasdem Toba, mengatakan, kehadirannya untuk menjemput aspirasi di wilayah pemilihan Dapil 9 Sumatera Utara khususnya di Kecamatan Balige.

“Ini Kedua kalinya saya berkunjung ke Sangkar Nihuta,namun baru ini pertama kali tatap muka di Lunggu Sangkar Nihuta Balige. Permintaan amang-inang salah satunya saat tanya jawab, mengenai pengadaan air bersih, mesin jahit dan ternak ikan Bioflok menjadi topik pembahasan. Sampai saat ini sebagai informasi untuk pembangunan rumah ibadah, Puji Tuhan sudah kita kucurkan bantuan dana hibah 147 rumah ibadah dengan total Rp14 miliar selama dua periode saya menjadi anggota di DPRD Provsu,”ujar Jubel.

Jubel mengaku adalah anak petani,
dengan ibu Boru Marpaung dan bersekolah di Tambunan. “Berkat semua doa ibu dan tulangku di Kecamatan Balige, khususnya Sangkar Nihuta yang membuat saya bisa duduk kedua kalinya di DPRD Sumut”,ucap Jubel.

Saya berjanji kepada diri saya, memegang amanah dari kita semua masyarakat Balige dan dapil 9 seluruhnya. Saya tidak mau berjanji, tetapi mari kita duduk bersama apa yang diperlukan amang-inang, tutup Jubel.

Tampak hadir mendampingi Jubel tambunan Albert Sihaloho, Rinto Tambunan, Caleg nasdem Farida Simanjuntak, Marnasib Tampubolon, Evi Simanjuntak, Sihar Pardede,Paulus Silaban serta pengurus DPD Nasdem Toba.

Selanjutnya hadir sebagai undangan narasumber program penyedia air bersih PDAM Tirtanadi, Dinas perikanan Provsu, dan Bank Sumut Balige.

Mewakili Tirtanadi Fetoin Panjaitan mengatakan, akan memberikan bantuan hibah pemasangan air bersih. “Ini merupakan program dari pusat,makanya kami hadiri undangan Pak Jubel, terlebih untuk menampung langsung apa kendala amang-inang. Kita akan mendata dan silahkan bagi warga yang mau mengajukan untuk pemasangan air bersih,” ucap Fetoin.

Sementara mewakili Dinas Perikanan Provsu, Dodianto Tobing menambahkan, akan memberikan bantuan perikanan dari Provinsi, tentunya untuk menerima sesuai peraturan harus berkelompok.

“Untuk pengajuan bantuan, silahkan bentuk kelompok peternakan berbadan hukum dan ajukanlah melalui dinas terkait atau melalui Pak Jubel Tambunan. Bantuan yang diberikan diantarannya bibit ikan, pakan dan peralatan. Terkait untuk peternakan ikan Bioflok sangat cocok untuk warga yang tinggal diperkotaan atau memiliki halaman terbatas,” tutupnya. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *