IMG-20240501-WA0019
Hukum  

Tak Berijin, Polsek Burau Tutup Tambang Galian C

IMG-20240409-WA0076

Luwu Timur, TRIBRATA TV

Menindaklanjuti laporan warga Desa Jalajja Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur Sulsel, Kanit Intelkam Polsek Burau AIPTU Jemris Mparesi, mengambil sikap tegas dengan menutup tambang galian c yang diduga beroperasi tanpa mengantongi ijin.

IMG-20240227-124711

Aktivitas tambang di Sungai Singgeni Desa Jalajja ini disorot warga setempat sebab telah mengakibatkan hilangnya lahan pertanian akibat longsor tergerus arus sungai.

Kapolsek Burau AKP. M. Wemben membenarkan penutupan tambang tersebut karena meresahkan petani sawah yang berada dekat sungai.

“Kegiatan tambang sudah kami hentikan, sementara para pelaku tambang sudah kami himbau untuk tidak melakukan kegiatan dan segera melengkapi dokumen perijinan” ucap Kapolsek, Rabu (6/10/2021).

Atas penutupan tambang, warga pun mengapresiasi kinerja Kapolsek beserta jajaran serta Kepala Desa Jalajja Muh. Ikbal Samad karena menanggapi laporan petani yang terkena dampak kerusakan lahan pertanian.

Sementara itu Kapolsek Burau telah melakukan upaya musyawarah dengan melibatkan pihak penambang dan pemilik lahan yang terkena dampak aktivitas tambang tersebut.

Warga pun menyetujui agar aktivitas tambang yang saat ini berlangsung di Desa Jalajja Kecamatan Burau untuk ditutup sementara.

Hal ini berdasarkan pada hasil keputusan musyawarah Camat Burau bersama pihak yang terlibat dalam penyelesaian polemik tambang TGC serta melihat reaksi dan kondisi masyarakat petani diareal sekitar tambang.

Dari hasil rapat tersebut, untuk sementara aktivitas tambang ditutup sembari menunggu hasil koordinasi terkait tambang tersebut ke pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

Selama aktivitas tambang ditutup sementara, tim terpadu akan melaksanakan pengawasan, memonitor, memantau lokasi tersebut.

“Telah disepakati bersama agar aktivitas penambangan di lokasi tersebut ditutup hingga ada petunjuk dari dinas ESDM Kabupaten Luwu Timur dan Provinsi Sulsel,” pungkas Camat Burau, Rabu (6/10/2021).

Menanggapi isu adanya dugaan keterlibatan oknum aparat dalam membeckup aktivitas tambang, dibantah Kapolsek Burau.

“Itu hanya isu semata,” terang Kapolsek. (Mul)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *