IMG-20240505-WA0006

Prosesi Adat Hunduge Mupalintu Malambe Wanua Hentar Bupati-Wabup Sitaro di Penghujung Jabatan Periode 2018-2023

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Hunduge Mupalintu Malambe Banua, “acara adat Pelepasan Bupati dan Wakil Bupati”, seperti itulah prosesi Adat yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara mengakhiri masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

IMG-20240227-124711

Diketahui, masa jabatan Evangelian Sasingen dan John Palandung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro akan berakhir pada 25 September 2023.

Ratusan warga, tokoh masyarakat dan jajaran aparatur pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro sudah menanti prosesi adat itu. Sekira pukul 09.00 WITA, berlangsung dari Rumah Dinas Bupati, yang terletak di Kelurahan Paseng, Kecamatan Siau Barat diawali dengan prosesi Manengkele Balong Banua yaitu pemukulan Gong tanda acara dimulai, Bawera Kahimotonge yakni kata-kata pembukaan, Tatimohong atau Ungkapan Hati dari Pemerintah dan Masyarakat, juga Mugeliu Laiki dimana pimpinan daerah menerima cenderamata.

Dalam acara gelar adat itu, Bupati Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati John Palandung menyampaikan kesan dan pesan dihadapan pejabat dan undangan yang hadir.

“Ucapan syukur yang tak terhingga, bangga dan luar biasa yang kami tak sanggup ukirkan dan ungkapkan dengan kata-kata, atas seluruh kebersamaan kita selama ini dan betapa cinta dari bapak ibu sekalian bagi kami berdua serta keluarga yang begitu luar biasa, terimakasih atas kebersamaan selama lima tahun, mengukir prestasi, membangun daerah yang kita cintai. Apa yang telah kita torehkan bersama menjadi kenangan indah yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, masih banyak impian yang belum sempat kami wujudkan oleh sebab kami hanya ingin berpesan kepada bapak ibu sekalian tetaplah membangun daerah yang kita cinta ini dengan penuh cinta dan penuh rasa memiliki, bahwa Sitaro yang kita cintai ini adalah milik kita bersama, “ucap Bupati sambil menitikan air mata.

Usai pelaksanaan prosesi adat. Orang nomor satu dan dua di Sitaro ini diarak dari rumah jabatan menuju Kantor Bupati Kepulauan Sitaro. Di hadapan seluruh ASN, keduanya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh para pejabat, jajaran aparatur pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya, yang telah bersinergi dengan baik selama menjabat.

Suasana semakin haru tatkala para pejabat dan seluruh ASN yang hadir memberikan salam perpisahan kepada Evangelian Sasingen yang didampingi suami Toni Supit serta John Palandung yang didampingi anak dan cucu.

Dengan iring-iringan konvoi Bupati dan Wakil Bupati melanjutkan perjalanan menuju Kampung Pehe Kecamatan Siau Barat, Kampung Beong Kecamatan Siau Tengah, serta Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur.

Bupati dan Wakil Bupati turun dan menyapa seluruh masyarakat yang ada disepanjang Jalan, sebagai salam perpisahan. Pelepasan adat ini juga sebagai seremonial penghormatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sitaro yang telah sukses menjalani 5 (lima) tahun masa baktinya dengan gemilang.

Masa jabatan seorang Bupati dan Wakil Bupati adalah perjalanan panjang yang penuh tantangan. Ditengah perjalanan ini, begitu banyak momen berkesan yang menggambarkan pengabdian dan dedikasi seorang pemimpin kepada masyarakat dan daerahnya.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan ibadah syukur diakhir masa jabatan kepemimpinan Bupati Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati John Palandung. Ibadah dipimpin Pendeta Yandi Manobe dari Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan menghadirkan penyanyi rohani Melitha Sidabutar.

Turut bersama Anggota DPRD Provinsi Sulut Toni Supit, Ketua DPRD Kabupaten Sitaro Djon Ponto Janis bersama anggota, Unsur Forkopimda Sitaro, Sekretaris Daerah Drs. Denny D. Kondoj dan para Asisten Sekda, Staff Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Kapitalau, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, seluruh ASN  Pemkab Sitaro, serta masyarakat yang hadir. (adv)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *