Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Pemkab Nisel Serahkan Bantuan Alat Kesenian pada Sanggar Sihinodola

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Bupati Nias Selatan (Nisel) diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Anggresni Dachi didampingi Anggota DPRD Tongoni Tafonao dari Fraksi Perindo menyerahkan bantuan peralatan seni budaya kepada kelompok Sanggar Budaya “Sihinodola” di Desa Orahili Sibohou Kecamatan Gomo, Jum’at, (23/9/2022) di Balai Desa Orahili Sibohou.

IMG-20240227-124711

Bantuan itu berupa ikat kepala 8 Tompi 8, Celana Pendek 8, Ondora 8, Tameng/ Baluse 8, Tombak/ Toho 8, Telegu/Pedang 8, Mahkota 6, Kalung 6, Anting-anting 6, Gelang 6, Selendan 6, Blus 6, Kabo/Rock 6, Gendang besar 1, Gong Besar 1, Faritia 1. Bantuan ini bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2022.

Anggreani Dachi mengatakan bantuan ini sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Niselkepada kelompok masyarakat yang memiliki inovasi, kreativitas dibidang pelestarian seni dan budaya. “Agar kebudayaan kita tetap dilestarikan dan generasi penerus tetap berkarya sesuai dengan tuntutan zaman,” tutur Anggreani Dachi saat menyampaikan sambutan pada acara tersebut.

Ia berpesan alat-alat Sanggar Budaya ini tidak diperbolehkan dikomersialkan, dan tidak diperkenankan dipindahtangankan kepada pihak lain baik kelompok maupun perseorangan apalagi jika diperjualbelikan

“Pengurus Sanggar Sihinodola harus selalu membuat laporan kegiatan dan keadaan sanggarnya minimal 3 bulan sekali”, tegasnya.

Sementara Tongoni Tafonao BA, sebagai inisiator pembentukan Sanggar Sihinodola sekaligus pembina/Penasehat mengatakan, bantuan berupa alat-alat kesenian ini dapat melengkapi sanggar.

“Walau masih belum lengkap tetapi dengan situasi keuangan daerah maka sepatutnya kita berterima kasih dan bersyukur atas bantuan ini. Hal ini menunjukan perhatian pimpinan daerah sangat tinggi,” ungkap Tongoni Tafonao.

Untuk itu sambungnya, diminta kepada pengurus dan anggota Sanggar Sihinodola menjaga dan merawat peralatan ini agar berumur panjang, tidak cepat rusak atau hilang. “Juga dilakukan pencatatan tentang sejarah dan tahapan setiap kegiatan seni budaya agar kegiatan disesuaikan dengan tahapan Adatnya, baik penggunaan peralatan harus sesuai dengan situasi kondisi jangan saling mendahului,’ tutur Tongoni Tafonao.

Secara pribadi dan Lembaga DPRD Kabupaten Nias Selatan ia mengapresiasi bantuan Pemkab Nisel, dan akan dimanfaatkan maksimal.

Ia berpesan agar Kepala Desa Orahili Sibohou dan BPD memberikan perhatian khusus untuk menambah alat-alat sanggar dimasa mendatang, bisa dianggarkan melalui Dana Desa sehingga kekurangannya dapat terpenuhi.

Sedang Ketua Sanggar Sihinodola, Jul Boliviarnus Telaumbanua mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Nisel khususnya Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga dan Anggota DPRD,Tongoni Tafonao yang telah berkunjung.

“Tidak ada balasan dari kami semoga Tuhan yang membalas kepada bapak/Ibu,” ujar Jul Telaumbanua.

Usai penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Pakta Intergritas, Kepala Desa Marthinus Telaumbanua, mengajak Kadis serta rombongan dan Tongoni Tafonao, dan istri untuk melihat Rumah Adat yang masih kokoh di ujung pemukiman warga Desa Orahili Sibohou. Rumah Adat ini milik Tandroziduhu Telaumbanua tokoh di desa itu. (Sn.Tel)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *