Tingkatkan Kapasitas Lembaga Adat, Pemdes Buntulia Barat Gelar Pelatihan

IMG-20240409-WA0076

Pohuwato, TRIBRATA TV

Untuk meningkatkan kapasitas lembaga adat, Pemerintah Desa Buntulia Barat Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo menggelar pelatihan pemangku adat pada Jumat (24/9/2021).

IMG-20240227-124711

Kepala Desa Buntulia Barat Tutam Polumuduyo, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan paling lama satu tahun sekali

Pada prakteknya, di Desa Buntulia Barat sendiri masih banyak pemangku adat yang perlu dilakukan pembenahan terkait tata cara penerapan adat istiadat di lapangan.

BACA JUGA  Dua Warga Batu Bara ODP Covid 19

Oleh karena itu Pemerintah Desa bekerja sama dengan lembaga BPD salalu berinisiatif untuk terus memantapkan para pemangku adat yang ada.

Lebih jauh dijelaskan Kepala Desa PAW ini, meningkatkan dan menjadikan profesional terhadap lembaga adat memang merupakan target prioritas dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa Buntulia Barat

“Saya sampaikan pelatihan ini sangat membantu bagi para pemangku adat secara tekhnis. Sebuah hajatan bukanlah di pandang sekedar ceremonial belaka, namun kita harus memahami tata caranya terutama sikap santun dalam adat itu sendiri khususnya di daerah Gorontalo yang sudah menjadi budaya ” terangnya.

BACA JUGA  Video: Pemkab Sitaro Evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Kampung

Tutam berharap, kegiatan yang bertema ” Merangsang sikap santun dan arif terhadap generasi adat masa kini ” dapat berjalan efektif dan efisien

Pantauan tim TRIBRATA TV, agenda pelatihan ini diikuti puluhan peserta dengan menghadirkan para pemateri dan narasumber dari perangkat adat yang cukup berpengalaman seperti Bate Kabupaten, Bate Kecamatan, Bulita Limbu’i Kabupaten Pohuwato serta para pemangku adat Kecamatan Duhiadaa. (Nikson)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *