IMG-20240501-WA0019

SOL Buat Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik di 10 Desa dan 43 Kelompok Tani Se Kecamatan Pahae Julu

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Sarulla Operation Limited (SOL) didampingi PPL Kecamatan Pahae Julu dan PPL Desa memfasilitasi Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Organik di Kelurahan Onan Hasang Kabupaten Tapanuli Utara, pada Kamis (22/9/2022). Pelatihan ini untuk meringankan beban petani ataupun anggota kelompok tani mengatasi kebutuhan pupuk yang akhir-akhir ini langka serta harga yang cukup tinggi.

IMG-20240227-124711

Panjur Sitompul dari SOL mengatakan sebagai wujud perhatian dan kepedulian SOL pada petani yang terdampak akibat kelangkaan dan mahalnya harga pupuk. “Kegiatan ini dilaksanakan di 10 desa dan 43 Kelompok Tani Binaan du Kecamatan Pahae Julu,” ujarnya.

Dalam pelatihan yang didampingi Ketua PPL Kecamatan Pahae Julu, Jhony Silitonga, dan PPL Desa ini, para anggota kelompok tani serta warga antusias mengikuti pelatihan serta praktek terlibat langsung pembuatan pembuatan pupuk kompos dan pupuk cair organik.

Dengan memiliki pengetahuan pembuatan pupuk diharapkan para petani dan warga dapat mengurangi beban atas kebutuhan pupuk kimia yang mahal dengan beralih menggunakan pupuk organic. Selain itu kedepannya tanah akan semakin subur sehingga hal tersebut juga berdampak terhadap peningkatan produktifitas sektor petanian masyarakat.

Warga menyambut baik diselenggarakannya pelatihan melalui pembinaan serta pendampingan sehingga para petani akan bisa membuat sendiri pupuk organik yang saat ini sedang digalakkan pemerintah.

Selain bahan pembuatannya mudah didapatkan dari lingkungan sekitar, juga penggunaan dan pemakaian pupuk organik berdampak baik pada lingkungan dan dapat meningkatkan kesuburan tanah.(Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *