IMG-20240501-WA0019

SMKN 1 Idanotae Sedang Berbenah Menuju yang Terbaik

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Sebuah lembaga pendidikan yang jauh dari kebisingan kota berdiri megah di Desa Hilimbowo Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Idanotae ini dibangun tahun 2010.

IMG-20240227-124711

Sekolah ini sangatlah beruntung karena dipimpin oleh anak daerah sendiri yang sangat energik, inovatif dan kreatif.
Pada hari Kamis, (8/9/2022) ditemui jurnalis TRIBRATA TV di SMKN-1 Idanotae, kepala sekolah, Kristian Lase, S.Pd.

Pertemuan yang sangat spesial ini sesungguhnya sudah lama diidam-idamkan karena kemitraan dalam sebuah perjuangan sangat dibutuhkan, Kristian.

“Saya sudah lama rindu dengan pertemuan seperti ini karena kami butuh sosialisasi program kepada masyarakat, tanpa sosialisasi visi dan misi sebuah lembaga pendidikan seperti SMKN-1 Idanotae mustahil diminati dan dicintai oleh warga. Kemitraan dengan media sangat berperan penting untuk membantu kemajuan dalam segala hal,” ulasnya.

Menurutnya sejak ia ditugaskan di sekolah itu, ia sudah berusaha sekuat tenaga untuk mengelola dana-dana bantuan untuk fisik dan non fisik. Sampai saat ini progres fisik bangunan antara lain RKB 2 ruang (TA 2014), RPS 1 Unit (TA 2019).

SMKN-1 Idanotae memiliki 2 jurusan yaitu 1. ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura 2. OTKP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran).
Jumlah murid 130 orang yang dibagi dalam 6 rombongan belajar dan jumlah guru PNS/ASN 5 orang, Guru Tidak Tetap Propinsi 15 orang.

Sementara sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar baik teori maupun praktek, boleh dikatakan sangat terbatas, karena sampai sekarang belum memiliki Laboratorium Komputer dan Perpustakaan, mobiiler baik bagi siswa-siswi maupun kebutuhan para guru.

“Kami sebagai anak daerah telah berupaya untuk menggarap sebidang lahan sebagai tempat praktek dan percontohan bagi siswa/i Jurusan ATPH, dan alat-alat pengukur pH tanah yang kami terima dari pemerintah,”ujar Kristian Lase.

Untuk menyelamatkan gedung sekolah, ia juga memohon kiranya Pemerintah Propinsi membangun parit beton sekeliling Gedung SMKN-1 Idanotae secara bertahap.

“Sejalan dengan niat kami untuk meraih yang terbaik, maka kami berharap kiranya Bapak Gubernur Cq. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara memberikan dukungan maksimal kepada kami agar harapan dan cita-cita masyarakat Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan dapat terwujud sehingga generasi muda di wilayah ini sekitarnya dapat mensejajarkan diri dengan generasi didaerah lain,” harap Kristian Lase.

Dari pertemuan ini terungkap harapan dan apresiasi kepada Bapak Kepala Cabang Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Nias Selatan yang baru dilantik.” Baik sebagai person, saya sangat menaruh harapan yang signifikan untuk kemajuan dunia pendidikan ditingkat SMA/SMK Negeri maupun Swasta di wilayah Kabupaten Nias Selatan,” ungkap Kristian.

Karena figur mereka yang baru dilantik ini sangat mumpuni, sudah sangat mapan dan berintegritas, berdedikasi, kreatif dan inovatif, tambah Kristian Lase S.Pd.

Dari pemantauan jurnalis TRIBRATA TV melihat lingkungan SMKN 1 Idanotae ini cukup unik dan bersahaja melihat kebun percontohan, pintu gerbang sekolah, penampilan para guru dan siswa, kesannya kita bak berada didestinasi wisata alam. (Sn Telaumbanua)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *