IMG-20240501-WA0019

TNI Angkatan Laut dan Vietnam People’s Navy Gelar Latma Codex 22B-1 Selama 6 Hari

IMG-20240409-WA0076

Batam, TRIBRATA TV

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Vietnam People’s Navy (VPN) telah melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Coordinated Exercise (Codex) 22B-1 selama enam hari sejak 27 Agustus 2022 lalu di perairan laut Batam dan pulau Bintan, Kepulauan Riau.

IMG-20240227-124711

Dalam keterangan pers-nya, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP, menyampaikan tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme kedua angkatan laut dan kerjasama kesepahaman TNI AL dan AL Vietnam dalam hubungan bilateral kerjasama militer di bidang keamanan maritim.

“Codex 22B-1 merupakan latihan manuver lapangan perdana yang diadakan oleh TNI AL dan AL Vietnam, sehingga menjadi tonggak sejarah militer TNI AL dimana telah melibatkan tiga unsur yaitu KRI Bung Tomo-357, Helikopter HS 1311 dan unsur angkatan laut Vietnam,” ungkapnya, Sabtu pagi (3/9/2022).

Arsyad merincikan, secara umum latihan dibagi menjadi 3 fase yaitu fase darat mulai dari 27-30 Agustus, kemudian fase laut tanggal 31 Agustus sampai 1 September, dan terakhir yakni tanggal 2 dan 3 September 2022.

Menanggapi pertanyaan wartawan terkait perbatasan wilayah yang berhubungan dengan kegiatan ilegal oleh warga negara asal Vienam, secara tegas Pangkoarmada I katakan, latihan ini tidak kaitannya dengan batas wilayah, latihan ini semata-mata untuk membangun hubungan baik bilateral Indonesia dan Vietnam.

“Kaitannya dengan masalah perbatasan itu urusan dari Kementerian Luar Negeri, jadi kita di sini murni untuk latihan bersama dalam membangun kepercayaan dan hubungan antara TNI AL dan AL Vietnam. Bagaimana kita bisa bekerja sama dalam melaksanakan latihan sesama AL, pada intinya hubungan yang baik Indonesia dan Vietnam, khususnya TNI AL dan AL Vietnam,” tegasnya.

Usai menutup secara resmi Latma Codex 22B-1 pada Sabtu pagi pukul 13.45 WIB (3/9/2022), di Gedung Nakula Guskamla Koarmada I, Batam Center, Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP, melakukan pelepasan kapal Ly Thai To di dermaga pelabuhan Batu Ampar Batam.

Pelepasan diikuti oleh Duta Besar Vietnam HE Ta Van Thòng, Athan Vietnam, dan juga dari Indonesia, Danlantamal IV, Danlanal Batam,serta Komandan KRI Bung Tomo, Tim Merplu, Satsik, Pramuka Saka Bahari.

Juga turut Hadir dalam acara tersebut dari Vietnam People’s Navy (VPN) adalah, Kolonel Senior Nguyen Van Ngan (ketua delegasi), Kolonel Senior Do Xuan Quy, Athan Vietnam Jakarta, Letkol Phan Thanh Truong, komandan 012-Ly Thai To, bersama jajaran perwira AL Vietnam, perwira hubungan luar negeri dan tim penerangan VPN yang meliput.

Sedangkan dari Indonesia, Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama Kemas M Ikhwan Madani, SSos,MSi, Danguskamla Koarmada I Laksmana Pertama TNI Iswarto, Danlanal Batam Kolonel (KH) Farid Ma’ruf, SH, MH, Asops Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Agus Izudin, Komandan KRI Bung Tomo Kolonel Laut (P) Ludfy ST, MMDS. (Andri Sofian)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *