Bupati Nias Sampaikan Penjelasan Nota Keuangan Ranperda P-APBD TA. 2022

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Bupati Nias Ya’atulo Gulo menyampaikan penjelasan Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Nias tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna DPRD di ruang rapat DPRD Kabupaten Nias, Rabu (31/08/2022).

IMG-20240227-124711

Hadir Wakil Bupati Nias Arota Lase, Ketua dan Para Wakil Ketua DPRD Dan Segenap Anggota DPRD Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Para Staf Ahli, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja serta Para Direksi Perumda Lingkup Pemkab Nias, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Massa/Pemuda/ Profesi dan Pimpinan Organisasi Agama, Pimpinan LSM, Pers, dan hadirin lainnya.

Rapat paripurna dimaksud, penyampaian pendapat fraksi-fraksi dalam pengambilan persetujuan bersama atas pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Nias, tentang Perubahan APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan terimakasih kepada dewan yang terhormat, yang telah menyampaikan pemandangan umum terhadap pengantar Nota Keuangan Ranperda Kabupaten Nias Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022.

“Pertanyaan, saran, dan himbauan yang telah disampaikan, merupakan wujud dan kepedulian atas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah melalui alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah setiap tahunnya,” katanya.

Adapun jawaban dan penjelasan atas pandangan umum fraksi-fraksi yaitu, 
Perubahan APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022 yang disebabkan oleh situasi atau keadaan yang berubah-ubah. Pengalokasian anggaran untuk pelaksanaan program dan kegiatan yang belum dapat diakomodir. Progress pelaksanaan kegiatan fisik tahun anggaran 2022 harus diselesaikan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2022, Penyusunan RKPD tahun 2023 yang harus diselaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan, Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2022 membutuhkan tambahan biaya untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades.

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kabupaten Nias, dengan melakukan koordinasi dengan General Manager PT. PLN (persero) UIW Sumatera Utara dan Manager UP3 PT. PLN (persero) Nias, pelaksanaan kegiatan perubahan APBD Kabupaten Nias tahun anggaran 2022 tepat sasaran, tepat mutu, dan tepat waktu sebelum berakhirnya tahun anggaran 2022, optimalisasi pencapaian target RPJMD, penataan Ibu Kota Kabupaten Nias, sehingga terjadi pemusatan aktivitas pemerintahan dan perekonomian di Ibu Kota Kabupaten Nias, usul pembangunan ruas jalan di wilayah Kabupaten Nias demi penuntasan ruas jalan di wilayah terisolir di Kabupaten Nias.

Rapat dilanjutkan dengan pembacaan Berita Acara dan Keputusan DPRD Kabupaten Nias Nomor 170/DPRD/2022 Tentang Persetujuan Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2022, kemudian disusul dengan Penandatanganan Keputusan DPRD dan Berita Acara Persetujuan Bersama. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *