IMG-20240501-WA0019

Pakai Plat Kendaraan Konsulat Rusia Palsu, Seorang Dokter Diamankan Polisi

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Seorang oknum dokter di Kota Medan, Sumatera Utara, berinisial FN diamankan Satreskrim Polrestabes Medan karena kedapatan menggunakan plat kendaraan Konsulat Rusia palsu pada tiga mobilnya.

IMG-20240227-124711

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, oknum dokter tersebut diamankan di Jalan Prof HM Yamin, Kota Medan pada Rabu (25/8/2021). Tim Satuan Reskrim Polrestabes Medan turut mengamankan barang bukti empat unit mobil milik oknum dokter tersebut berbagai merek dengan Plat CC milik Konsulat Rusia.

“Setelah diperiksa Samsat Dit Lantas Polda Sumut bahwa plat kendaraan CC 37 07, CC 37 02, CC 37 01, tidak terdaftar dan palsu,” ungkapnya, Kamis (26/8/2022).

Personel Satreskrim Polrestabes Medan pun, lanjut kata Hadi, telah menyita seluruh kendaraan yang mengunakan plat Konsulat Rusia palsu tersebut.

“Untuk kendaraan Pajero Sport yang diamankan kita kenakan tindak pidana karena kelengkapan dokumennya palsu. Sedangkan tiga kendaraan lainnya yang turut disita akan dilimpahkan ke Sat Lantas Polrestabes Medan proses tilang,” terangnya.

Sementara itu, untuk motif pelaku FN menggunakan plat Konsulat Rusia palsu kini masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Hadi mengaku penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif.

“Untuk motifnya masih terus kita dalami. Sementara FN telah diamankan untuk menjalani pemeriksaan,” ujarnya.

Diketahui plat mobil yang menggunakan huruf awal C diperuntukan khusus bagi pejabat kedutaan besar atau organisasi nasional. Ada dua jenis plat C, yakni CC dan CD. Plat dengan kode CD merupakan kependekan dari Corps Diplomatique. Sedangkan kode CC yakni, Corps Consulaire. Biasanya kedua plat ini diikuti dua digit angka negara asal.

Hal ini pun telah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pada pasal 4 mengatur soal kode plat nomor tersebut. (Red)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *