Bupati Keerom Tidak Proses Ijin Perkebunan Kelapa Sawit

IMG-20240409-WA0076

Keerom, TRIBRATA TV

Hutan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Hutan juga berfungsi sebagai habitat bagi beragam spesies flora dan fauna.

IMG-20240227-124711

Ekosistem hutan yang meliputi sepertiga daratan bumi penting sebagai biosfer bumi. Dengan merusaknya sudah tentu dapat mengancam ekosistem hutan yang berharga.

Hal ini dikatakan Bupati Keerom Piter Gusbager didampingi Kapolres Keerom, AKBP Christian Aer saat mengunjungi lokasi kerusakan hutan seluas 200 hektar, di sekitar Kampung Byobiosi Distrik Arso, Senin (23/8/2021).

BACA JUGA  Kedua di Indonesia, Makassar Bangun Lab BSL Level 2

Diktakan, rusaknya hutan di sekitar Kampung Byobiosi Bate akibat ditebang tanpa prosedur dan ketentuan yang berlaku oleh oknum pemilik modal yang diboncengi sejumlah kepentingan. Lokasi ini berada dalam kawasan hutan HPT.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang P3H, saya menghentikan seluruh kegiatan ini dan meminta pihak aparat penegak hukum menyelidiki kemungkinan adanya pelanggaran hukum yang timbul akibat aktifitas ini,” kata Bupati.

BACA JUGA  Target Vaksin, Polda Aceh Ikuti Rakor Bersama Kakorbinmas Baharkam Polri

Menurut Bupati lokasi ini merupakan kawasan penyangga dan memiliki fungsi hidrologis bagi daratan Arso yang dikelilingi oleh beberapa sungai dan anak sungai.

“Dengan melihat kondisi ini, saya berpesan bagi para pemilik modal dan investor, dengan alasan apapun jika ingin untuk masuk Keerom, agar memperhatikan prosedur dan ketentuan serta mengantongi ijin dari pejabat yang berwenang,” tandasnya.

BACA JUGA  Video: Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu di Kabupaten Sitaro

Bupati bahkan mengatakan tahun ini ia tidak memproses beberapa ijin perkebunan sawit apalagi ijin pengelolaan hutan. “Ini komitmen saya terhadap pelestarian hutan dan lingkungan hidup, saya juga akan menindak tegas para perusak hutan di Kabupaten Keerom,” tegasnya. (Nabar)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *