Menteri Agama Terima Usulan Pendirian UNTARA dari Bupati Taput

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas serta rombongan mengunjungi Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung pada Sabtu (20/8/2022) didamping Bupati Toba Poltak Sitorus, Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan, tokoh NU dan Muhammadiyah serta Komandan Banser Nasional, Hasan Basri Sagala MSi.

IMG-20240227-124711

Kunjungan tersebut untuk bersilaturahmi kepada pimpinan HKBP yang disambut hangat seluruh pimpinan HKBP, Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan, Dandim 0210/TU,Kapolres Taput dan para undangan lainnya.

Selain itu kedatangan Menteri Agama juga membuka dialog mengenai permasalah gereja maupun institut pendidikan yang ada di Tapanuli Raya. Melalui pertemuan dan dialog yang terbuka, ia bersedia membantu Gereja HKBP Cilegon dalam mengurus IMB gereja.

Sementara itu Bupati Nikson Nababan yang terus bertekad untuk memajukan pendidikan IAKN Tarutung juga menyampaikan langsung usulan serta proposal agar kiranya transformasi menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya atau UNTARA dapat direalisasikan.

Nikson juga menuturkan melalui pendidikan akan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia di kawasan Tapanuli Raya dan sektor lainnya.

Menurutnya usulan yang sangat dinantikan serta dapat untuk direalisasikan pendirian UNTARA didasari semangat dan jiwa Nasionalis, tidak sektarian.

UNTARA yang kelak berdiri adalah Universitas Negeri yang terbuka untuk umum, terbuka untuk semua suku, agama dan ras untuk kemajuan dan peningkatan SDM di kawasan Tapanuli Raya melalui pendirian UNTARA.

Menyikapi usulan yang disampaikan Bupati Taput, Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas menyambut hal tersebut dengan baik serta memberikan sejumlah opsi dan agar kiranya hal tersebut dalam waktu dekat segera dibahas bersama di Jakarta dengan kementerian Agama.

Ia bertekad untuk memajukan pendidikan keagamaan seperti IAKN Tarutung agar menjadi Universitas.

Selain itu Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas menuturkan zaman sekarang banyak orang tidak lagi mencari wajah Tuhan, melainkan cari wajah dihadapan Tuhan, sehingga keEsaan Tuhan terabaikan.

Sementara Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar juga mengucapkan terimakasih kepada H. Yaqut Cholil karena telah menyempatkan diri mengunjungi Kantor Pusat HKBP.

“Biasanya kami yang mengunjungi Kementerian Agama, tetapi saat ini HKBP yang dikunjungi oleh Kementerian Agama”, katanya.

Diakhir sambutannya, Ephorus mengapresiasi seluruh yang hadir mendampingi Menteri Agama dan mengikuti serangkaian acara hari ini.

Ia menjelaskan beberapa hal yang akan dikerjakan HKBP untuk menyambut perkembangan program pemerintah maupun HKBP.

Ephorus mengatakan kedatangan beberapa menteri begitupula Menteri Agama menjadi kebanggaan dari HKBP dan menjadi catatan bagi HKBP.

Pertemuan diakhiri dengan penyematan ulos kepada Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas dan berfoto bersama pimpinan HKBP. (harapan@sagala)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *