IMG-20240501-WA0019

Bupati Sitaro Imbau Warga Waspada Karhutla

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen, menghimbau seluruh masyarakat 47 pulau agar berhati hati dalam menghadapi musim kemarau.

IMG-20240227-124711

“Karena kepulauan kita adalah merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pasalnya saat ini sedang memasuki musim kemarau yang diperkirakan berlangsung hingga Oktober nanti,” katanya, Jumat (28/7/2023).

Karena itulah, Bupati Evangelian Sasingen mengimbau seluruh pihak diantaranya masyarakat agar selalu waspada bencana yang terjadi di musim kemarau. Terutama, kebakaran hutan dan lahan.

“Mari kita bersama – sama menjaga dan tingkatkan kewaspadaan saat musim kemarau, berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan,” kata Bupati Eva yang selalu peduli dan sigap setiap kejadian dan masalah yang akan terjadi.

Pesan Bupati, musibah karhutla rawan terjadi saat musim kemarau. Namun itu bisa diantisipasi asalkan seluruh elemen berniat menjaga dan menahan diri, agar tidak membuka lahan dengan dibakar.

“Masyarakat selalu berhati-hati saat menghidupkan api. Bahaya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau sangat rawan terjadinya. Selain itu kekeringan juga menjadi ancaman, hal itu harus diwaspadai,” katanya.

Agar musibah kebakaran tidak terjadi maka menurutnya perlu meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk menjaga wilayahnya dari bahaya kebakaran serta bencana kebakaran dan penanggulangannya.

“Karena itu, semua pihak dapat meningkatkan responsibilitas terhadap situasi kondisi secara intensif dengan unit kerja terkait untuk melakukan antisipasi terkait penanggulangan bahaya bencana kebakaran. Bagi masyarakat agar tidak membakar atau membuang puntung rokok disembarang tempat untuk menghindari terjadinya kebakaran lahan kebun, hutan dan lahan kering,” pesannya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *