7 OPD Masuk Tahapan Verifikasi SIGA 2022

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Setelah melakukan tahapan presentasi dan wawancara Sitaro Innovative Government Awards (SIGA) 2022 pada 18-19 Juli 2022 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) saat ini sudah dalam tahapan lanjutan yaitu verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Juri dan Panitia SIGA 2022.

IMG-20240227-124711

Ditemui oleh tim liputan TRIBRATA TV pada Selasa (26/07/2022), Plt Kepala Bappelitbangda Sitaro Ronald Pakasi mengatakan ada 7 OPD yang sementara dalam tahapan verifikasi lapangan.

“Dari 15 OPD yang telah melakukan presentasi ada 7 OPD yang lolos dan sementara dalam tahapan verifikasi lapangan, “ujarnya.

Pakasi menjelaskan, pada tahap ini terdapat beberapa poin penilaian. Salah satunya kesesuaian antara materi yang dipaparkan dengan kondisi di lapangan yang akan dinilai oleh Tim Penilai Profesional.

BACA JUGA  Gelar Operasi Pekat, Tim Gabungan Sasar Sejumlah Kafe di Kuansing

“Dilihat dari bagaiman inovasinya, baik di dilihat tata kelola pemerintahan, dari bidang pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan inovasi bentuk lainnya dengan juri yang dilibatkan antara lain Ketua Tim Penilai Lomba PPD Provinsi, Perwakilan Balitbang Provinsi Sulut, Perkawilan Perangkat Daerah Sekda Sitaro bersama Asisten III, juga akademisi, “katanya.

Disisi lain semua OPD pun berlomba-lomba untuk memberikan inovasi terbaiknya. Salah satunya inovasi dari Disperindag Naker dengan terbosoan yang luar biasa dibarengi oleh dobrakan untuk mendorong pertumbuhan IKM di Sitaro.

Melalui Kepala Bidang Perindustrian Ronny Sidabutar menyampaikan dengan adanya Lomba SIGA 2022 ini memacu gagasan dan ide kreatif yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

BACA JUGA  Peringatan HUT PKK Kabupaten Labusel

“Oleh karenanya, berbagai inovasi yang kami buat ini dengan harapan penyelenggaraan pemerintahan pada sector industri dan perdagangan di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro lebih efektif dan efisien, “ungkap Ronny.

Lebih lanjut Ronald menyebutkan OPD yang terpilih nanti akan dikembangkan inovasinya sebagai program prioritas untuk anggaran tahun 2023.

“Lomba SIGA ini akan diumumkan pada tanggal 17 agustus 2022, bilamana ada OPD terpilih sebagai juara SIGA 2022 kami akan mengembangkan inovasi tersebut sebagai progran prioritas di 2023, torang lebih ke pengembangan program atau inovasi tersebut, “katanya.

BACA JUGA  BBM Langka, Dua Pekan Nelayan di Malili Tak Melaut

Harapan Pakasi semoga Lomba ini mampu menumbuhkan dan mengembangkan jiwa inovasi kepada perangkat daerah yang ada di Kabupaten Sitaro.

“Dengan harapan lomba ini dapat menciptakan dan meningkatkan daya saing daerah yang pada akhirnya akan membantu mewujudkan Kabupaten Sitaro menjadi lebih hebat lagi, “ujarnya.

Sekaligus lanjut dia, nantinya yang belum mendapat juara biarlah inovasi tersebut lebih dikembangkan.

“Kita berharap 15 hasil karya inovator dari OPD se-Sitaro ini nantinya dapat bermanfaat luas bagi masyarakat, sekaligus juga dapat meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan,” tutup Pakasi penuh apresiasi. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *